Jalan Akses Wisata Tegallalang-Tampaksiring Bali Amblas 50 Meter Bak Ditimpa Meteor, Ini Penyebabnya
Jalan amblas alias jebol terjadi di akses wisata Kecamatan Tegallalang dan Tampaksiring, Gianyar, Bali/DOK Dinas Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Gianyar

Bagikan:

GIANYAR - Jalan amblas alias jebol terjadi di akses wisata Kecamatan Tegallalang dan Tampaksiring, Gianyar, Bali.

Jalan jebol tersebut berada di wilayah Banjar Cebok yang menghubungkan Desa Kedisan, Tegallalang dan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Dalam video yang viral, jalan tersebut jebol dengan lebar yang cukup luas dan menggerus lahan pertanian di sampingnya. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Gianyar Made Gede Astawiguna mengatakan jebolnya jalan tersebut terjadi pada pagi tadi.

"Itu jebol di badan jalannya pagi tadi.Kita langsung konfirmasi ke lapangan dan investigasi, kita masih menghitung struktur yang memungkinkan untuk menangani jalan tersebut," kata Astawiguna, Rabu, 13 September.

Sementara, lebar jalan jebol tersebut lebih dari 30 meter dengan kedalaman 50 meter setelah longsor.”

Kalau lebar runtuhnya lebih dari 30 meter, kalau kedalamannya kami ukur lebih dari 50 meter," imbuhnya.

Sebenarnya jalan tersebut sudah terlihat terkikis sejak Desember 2022. Jalan pun amblas pagi tadi.

"Itu sudah dari Desember (2022) runtuh sedikit tapi begitu hari ini dia tiba-tiba runtuh seperti itu, dan tiba-tiba melebar seperti itu dan runtuh,” ujar Astawiguna.

Jalan amblas alias jebol terjadi di akses wisata Kecamatan Tegallalang dan Tampaksiring, Gianyar, Bali/DOK Dinas Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Gianyar

Penyebab jalan tersebut jebol karena memang lahan di daerah tersebut labil ditambah di sisi samping jalan juga ada terowongan irigasi. Selain itu, untuk kontur wilayahnya bergelombang dan ada jurang yang tidak begitu dalam.

"Karena lahannya memang labil di sana. Di samping juga ada terowongan irigasi juga di sana. Kontur wilayahnya memang bergelombang, ada jurang-jurang yang agak dalam," ujarnya.

Warga Desa Kedisan tidak terisolir karena ada beberapa jalan alternatif yang bisa dilewati. Sementara akses jalan ditutup.

"Mengingat labilnya tanah dan dihimbau tidak melewati area di sana," ujarnya.