BNPB Tambah Bantuan Helikopter Tangani Karhutla Gunung Arjuno
Penambahan satu unit helikopter yang digunakan untuk membantu pemadaman kebakaran Gunung Arjuno, Jumat (8/9/2023). ANTARA/HO-BPBD Jatim

Bagikan:

PASURUAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambah bantuan satu unit helikopter sehingga ada dua helikopter untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Arjuno, Jawa Timur. 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan pihaknya akan terus mendukung upaya pemadaman karhutla yang dilakukan Pemprov Jatim dengan meluncurkan sejumlah bantuan.

"Kami menambah satu armada helikopter Superpuma dengan tipe AS332C1/PK-DAN, yang memiliki kapasitas angkut air sebanyak 4.000 liter," katanya saat meninjau langsung penanganan karhutla Gunung Arjuno di Posko Kaliandra, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, dilansir ANTARA, Jumat, 8 September.

BNPB juga menyerahkan bantuan operasional, berupa Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp750 juta dan sejumlah peralatan penanganan kekeringan dan karhutla antara lain pompa jinjing sebanyak 10 unit, pompa kapasitas besar 2 unit, pompa kapasitas sedang 5 unit, set nozle 40 unit, tabung oksigen set 50 unit. 

"Sebetulnya, penanganan water bombing itu adalah upaya terakhir. Yang perlu diperkuat adalah penanganan darat dengan melibatkan personel yang kuat dan peralatan yang lengkap," ujarnya.

Suharyanto mengatakan penyebab mayoritas kebakaran hutan di negeri ini akibat ulah manusia yang kurang disiplin, kurang tertib atau melanggar aturan.

"Karena itu, di masa-masa El-Nino seperti saat ini, kami mengimbau segenap masyarakat untuk waspada dengan kegiatan yang memanfaatkan penggunaan api," ujarnya.

 

Sekdaprov Jatim Adhy Karyono menyampaikan sejak kejadian awal kebakaran pada Sabtu (26/8), upaya pemadaman api lewat darat sebetulnya telah dilakukan.

Namun, karena kondisi angin yang sangat kencang dan lokasi kejadian yang jauh dari jangkauan dan terbatasnya peralatan pemadaman akhirnya area terdampak kebakaran pun meluas hingga merembet di empat daerah.

Berdasarkan update data Posko Karhutla, luasan area terbakar saat ini telah mencapai 4.796 hektare yang meliputi sejumlah area di empat kabupaten atau kota.

Dia menyampaikan terima kasih atas respons cepat BNPB saat dimintai bantuan armada helikopter untuk keperluan water bombing di Jatim.

"Kami yakin, dengan water bombing dan aksi pemadaman melalui darat yang kita lakukan secara bahu membahu dengan TNI, Polri dan masyarakat, penanganan kebakaran ini bisa segera selesai," yakinnya.