PKB Gelar Tur Wali Songo, Anies-Cak Imin Dijadwalkan Bertemu di Makam Sunan Ampel
Ketua DPP PKB Cucun Syamsurijal/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PKB sekaligus bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersama jajaran akan mefokuskan diri secara spiritual dengan berziarah ke makam Wali Songo pada 8-11 September. 

Rencananya, Cak Imin juga bakal bertemu Capres KPP Anies Baswedan di akhir rangkaian acara ziarah makam para wali tersebut.  

Ketua Panitia Tour Wali Songo PKB Cucun Ahmad Sjamsurijal, mengatakan tour spiritual ini akan dimulai dengan perjalanan ziarah dari Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat dan ditutup dengan ziarah Makam Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur.

"Memang kami ada agenda tour dan napak tilas perjuangan Wali Songo yang akan dilakukan Gus Imin bersama pengurus dan kader PKB. Agenda ini sebetulnya agenda rutin PKB setiap tahun. Kami merasa kegiatan spiritual ini penting dilakukan apalagi suhu politik pun akhir-akhir ini mulai menghangat,” ujar Cucun di kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis, 7 September. 

Cucun menyebutkan, kegiatan ziarah ke makam-makam auliya dan orang saleh merupakan tradisi yang terus dijaga oleh kalangan Islam Ahlul Sunah Wal Jamaah. Menurutnya dengan berziarah ke makam orang saleh akan menjadi pengingat budi baik, perjuangan serta kepemimpinan mereka demi agama dan negara.

"Ini merupakan salah satu bentuk tirakatan PKB dan Gus Muhaimin menghadapi Pemilu 2024. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan semangat dan dorongan spiritual agar bangsa Indonesia mampu melewati pesta demokrasi dengan aman dan tertib," kata Cucun.  

Ketua DPP PKB itu menjelaskan, kegiatan ziarah Wali Songo juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti halaqoh pemikiran Wali Songo, pasar rakyat, hingga layanan kesehatan gratis. 

Kegiatan tersebut akan dilakukan di sejumlah titik seperti di Makam Sunan Gunung Jati Cirebon, Makam Sunan Bonang, Tuban, Makam Sunan Drajat, Lamongan, dan Makam Sunan Ampel, Surabaya. Kegiatan ini akan diikuti oleh kader dan simpatisan PKB serta masyarakat luas.

"Kegiatan ini juga akan memperkuat bagaimana figur Gus Muhaimin Iskandar sebagai sosok santri. Karena beliau ini sekarang sudah menjadi kandidat untuk maju di Pilpres 2024 beliau adalah salah satu sosok yang betul-betul merepresentasikan sosok santri," jelas Ketua Fraksi PKB DPR itu. 

Nantinya, sambung Cucun, kegiatan ini akan diakhiri oleh pertemuan pasangan Anies dan Cak Imin yang akan bersama-sama berziarah ke makam Sunan Ampel di Surabaya. 

"Insyaallah di sana kita akan ziarah dan langsung Gus Muhaimin, Pak Anies juga akan berkenan bersama-sama juga di Sunan Ampel untuk berziarah, berdoa melakukan tirakat. Bismillah, kita akan melakukan terbaik untuk bangsa ini," ucap Cucun. 

"Dan insyaallah, kita akan berbaur dengan seluruh publik karena sudah dideklarasikan ada pasangan Anies-Muhaimin," tambahnya.