Apa Itu Energi Alternatif? Ini Pengertian, Bedanya dengan Energi Terbarukan, hingga Sumbernya
Ilustrasi energi baru terbarukan (dok. pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemanfaatan energi alternatif terus digaungkan oleh berbagai negara untuk menggantikan energi utama yang saat ini dijadikan andalan dalam berbagai kegiatan manusia. Namun tahukah Anda apa itu eneri alternatif sebenarnya?

Artikel ini akan memberikan informasi terkait energi alternatif, mulai dari pengertian hingga jenis yang saat ini sudah dimanfaatkan.

Apa Itu Energi Alternatif

Dikutip dari Energi Alternatif: Buku Tematik Terpadu Kurikulum Pendidikan Khusus 2013 yang diterbitkan oleh Kemendikbud, energi alternatif adalah energi yang dipakai untuk menggantikan energi minyak bumi atau energi fosil.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), energi alternatif diartika sebagai energi yang bukan berasal dari minyak bumi seperti tenaga air, panas bumi, nuklir, surya, angin, gelombang, dan masih banyak lagi.

Dalam situs National Geographic, energi alternatif dimaknai sebagai energi yang tidak berasal dari bahan bakar fosil sehingga dalam pemakaiannya hanya sedikit atau tidak sama sekali menghasilkan gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO2).

Penggunaan kata “alternatif” sendiri digunakan sebagai pilihan lain dari bahan bakar fosil yakni batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Diketahui bahan bakar tersebut telah sangat lama digunakan dan dalam pemakaiannya bahan bakar tersebut menghasilkan CO2 dalam jumlah tinggi.

Harus diketahui bahwa energi alternatif berbeda dengan energi terbarukan meski dalam praktiknya energi terbarukan bisa dianggap sebagai energi alternatif. Energi alternatif setidaknya memenuhi jumlah yang melimpah meski tak bisa diperbarui. Sebagai contoh energi alternatif adalah energi nuklir.

Energi nuklir bisa disebut sebagai energi alternatif sekaligus tidak terbarukan karena dalam pembuatannya energi nuklir dapat diproduksi melimpah, namun tidak terbarukan karena membutuhkan uranium yang jumlahnya di bumi tentu memiliki batas tertentu sebagaimana keberadaan minyak bumi.

Berbeda dengan energi terbarukan yakni energi matahari yang jumlahnya tidak hanya melimpah dan bisa terus diproduksi selama matahari masih ada.

Tujuan Energi Alternatif

Secara umum penggunaan energi alternatif adalah untuk menggantikan energi utama yang saat ini condong ke penggunaan energi fosil yakni batu bara dan minyak bumi. Selain itu ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam penggunaan energi alternatif yakni sebagai berikut.

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Penggunaan energi alternatif dilakukan karena lebih ramah lingkungan karena penggunaan bahan bakar fosil menghasilkan gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO2).

  1. Mengurangi Ketergantungan

Energi yang dihasilkan saat ini didominasi oleh penggunaan bahan bakar fosil yakni batu bara dan minyak bumi. Dengan adanya energi alternatif diharapkan tidak lagi ketergantungan dengan bahan bakar tersebut.

  1. Berkelanjutan

Energi alternatif diharapkan terus berkelanjutan karena sumber daya yang dipakai bisa memenuhi kebutuhan energi dalam jangka panjang.

Sumber Energi Alternatif

Ada beragam sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan sumber bahan bakar fosil yakni sebagai berikut.

  1. Cahaya Matahari

Cahaya matahari bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Selain jadi alternatif, cahaya matahari juga bersifat terbarukan sehingga tidak akan habis penggunaannya. Contoh pemanfaatan cahaya matahari adalah penggunaan panel surya.

  1. Air

Tahukah Anda bahwa air dapat digunakan untuk memproduksi energi listrik? Penggunaan air sebagai sumber energi juga diklaim lebih ramah lingkungan dibanding penggunaan bahan bakar fosil. Contoh penggunaan air sebagai sumber energi adalah adanya PLTA.

  1. Angin

Energi angin dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Contoh penggunaannya adalah keberadaan kincir angin.

  1. Nuklir

Saat ini beberapa negara mulai melakukan penelitian mereka terkait pemanfaatan nuklir sebagai sumber listrik, contoh adanya pembangkit listrik tenaga nuklir.

  1. Biomassa

Biomassa adalah bahan bakar yang bersumber dari tanamanan atau sumber lain yang dapat memicu energi. Contoh, pemanfaatan kotoran hewan menjadi sumber api untuk kebutuhan memasak.

Itulah informasi terkait apa itu energi alternatif. Kunjungi VOI.ID untuk mendapat informasi menarik lainnya.