Kenaikan Harga BBM Dinilai Momentum Kembangkan Energi Alternatif
Ilustrasi foto (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerhati energi Victor Wirawan mengatakan kenaikan harga BBM seharusnya bisa menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengembangkan energi alternatif.

"Banyak energi alternatif yang bisa dikembangkan di Indonesia. Matahari, angin, air, dan panas bumi. Semuanya potensial untuk menjadi energi baru dan terbarukan," kata Victor dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Minggu, 11 September.

Pengembangan energi alternatif bisa dilaksanakan melalui kerja sama antarsektor, seperti swasta dan pemerintah dalam upaya mencapai target bauran energi sebesar 23 persen pada 2025 dan naik menjadi 31 persen pada 2050.

Dengan tingginya harga BBM, kata dia, bisa menjadi momentum bagi pelaku industri EBT, baik swasta maupun pemerintah untuk kembali mengembangkan energi alternatif.

"Saya berharap pemerintah dan swasta bisa terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan EBT sebagai energi alternatif agar tidak terus tergantung pada energi fosil,” tutur Victor.

Victor melanjutkan di tengah terus berlanjutnya krisis energi dan semakin meningkatnya harga bahan bakar fosil di berbagai belahan dunia.