Pemkot Kupang Siapkan 125.000 Liter Air Gratis Bantu Warga Miskin
Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Jefri Pelt (ANTARA/Benny Jahang)

Bagikan:

KUPANG - Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan 125.000 liter lebih air bersih gratis untuk membantu warga setempat yang mengalami kekurangan air bersih selama musim kemarau 2023.

"Kami menyiapkan bantuan air bersih untuk mengatasi kekurangan air bersih bagi warga tidak mampu sebagai dampak El Nino, karena pada musim kemarau seperti saat ini, selalu terjadi kekurangan air bersih," kata Plt BPBD Kota Kupang Jefri Pelt di Kupang, Antara, Jumat, 25 Agustus.

Menurut dia, bantun air bersih sebanyak 125.000 liter itu diberikan secara gratis kepada warga tidak mampu di setiap kelurahan yang mengalami kekurangan air bersih.

Dia mengatakan BPBD Kota Kupang juga meminta para lurah untuk segera mengirimkan data warga yang membutuhkan bantuan air bersih gratis dari pemerintah setempat.

"Apabila semua kelurahan telah mengirimkan data sasaran penerima bantuan air bersih, distribusi air bersih bisa segera dilakukan," kata Jefri Pelt.

Ia berharap kelurahan yang belum memasukkan data sasaran penerima bantuan untuk segera memasukkan data ke BPBD, sehingga memudahkan petugas dalam mendistribusikan bantuan air bersih bagi warga yang membutuhkan air bersih.

Menurut dia, apabila bantuan yang diberikan masih kurang, Pemerintah Kota Kupang akan menambah lagi alokasi bantuan serupa tahap kedua pada Oktober 2023.

"Air bersih menjadi kebutuhan keluarga. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Kupang menyiapkan bantuan air bersih dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga pada musim kemarau kebutuhan air bersih warga tetap terpenuhi," kata Jefri Pelt.