9 Pemimpin Negara yang Hobi Melukis, dari Indonesia hingga Rusia
Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Presiden Indonesia dan karya lukisannya (Era.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa ada beberapa pemimpin negara yang hobi melukis. Kegiatan tersebut mereka lakukan dengan berbagai tujuan, salah satunya adalah menyalurkan hobi dan cara mereka refreshing. Tak main-main, lukisan yang berhasil dibuat oleh para pemimpin negara, baik yang aktif maupun yang tak lagi menjabat, berhasil memukau banyak orang.

Pemimpin Negara yang Hobi Melukis

Artikel berikut ini akan memberikan informasi kepada pembaca terkait pemimpin negara yang punya hobi melukis di berbagai wilayah, termasuk Indonesia.

  1. Soekarno (Indonesia)

Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang tertarik dengan lukisan. Ia tidak hanya kerap mengunjungi pameran seni lukis, namun juga melukis. Salah satu lukisan yang ia buat berjudul Rini. Lukisan tersebut kini jadi salah satu benda koleksi yang dipajang di Istana Bogor.

  1. Susilo Bambang Yudhoyono (Indonesia)

Susilo Bambang Yudhoyono adalah politisi sekaligus mantan presiden Indonesia. Setelah ia tak lagi menjabat sebagai presiden, SBY menghabiskan waktunya dengan melukis. Ia bahkan membuka studio lukisnya sendiri di Pacitan, Jawa Timur dengan nama SBY Art Studio. Selain melukis, SBY kerap hadir di pameran lukisan di berbagai wilayah di Indonesia. Lukisannya juga kerap diunggah di media sosialnya..

  1. Adolf Hitler (Jerman)

Di luar namanya yang kontroversial, Adolf Hitler ternyata punya hobi melukis. Bahkan ia sempat berniat menjadi seorang seniman, sayangnya ia gagal masuk ke akademi seni saat ia muda. Salah satu lukisan yang ia buat berjudul The Courtyard of the Old Residency in Munich (1914). Lukisan tersebut menggambarkan Alter Hof, alun-alun batu yang ada di rumah besar.

  1. Winston Churchill (Inggris)

Winston Churchill adalah Perdana Menteri Inggris yang menjabat saat Perang Dunia II. Ia memang cukup ahli di bidang politik. Namun siapa sangka bahwa ia juga melukis dan menghasilkan beberapa karya. Salah satu lukisan yang pernah menuai sorotan adalah bergambar botol whisky yang berhasil terjual dengan harga Rp18 miliar.

  1. Dwight D. Eisenhower (Amerika)

Dwight D. Eisenhower adalah presiden ke-34 Amerika Serikat. Ia mulai melukis pada tahun 1948. Ia bahkan berhasil menghasilkan 260 lukisan selama 20 tahun terakhir hidupnya, lalu membagikan lukisannya kepada orang-orang terdekatnya.

  1. George Walker Bush (Amerika)

George Walker Bush adalah politisi sekaligus presiden Amerika Serikat yang ke-43 yang menjabat dari tahun 2001-2009. Di balik namanya yang melegenda sebagai politisi, George Walker Bush ternyata memiliki ketertarikan sebagai seorang pelukis. Ia mulai berkenalan dengan lukisan berkat seniman Amerika Gail Norfleet yang membantu Bush untuk belajar tentang lukisan dan memberinya kursus setiap minggu.

  1. Leopold Sedar Senghor (Senegal)

Leopold Sedar Senghor adalah penyair sekaligus presiden Senegal. Di bidang seni ia tak hanya menciptakan puisi, namun lukisan. Bahkan karyanya berhasil dilelang dengan harga yang fantastis.  

  1. James Earl Carter (Amerika Serikat)

Pria yang kerap disapa dengan Jimmy Carter adalah presiden Amerika Serikat ke-39. Namun siapa sangka ia ternyata hobi melukis di waktu senggangnya. Bahkan ia berhasil menyelesaikan lukisan hingga 100 karya. Jimmy Carter memanfaatkan rumahnya sebagai studio lukisnya.

  1. Vladimir Putin (Rusia)

Vladimir Putin adalah presiden Rusia yang saat ini aktif menjabat. Di luar dari kebijakannya, siapa sangka Putin punya ketertarikan di bidang seni. Ia bahkan sempat melukis yang berupa suasana turunnya hujan salju. Karya itu pernah dilelang dengan harga awal penawaran 620 dolar Amerika Serikat atau kurang lebih Rp7 juta.

Itulah informasi tentang pemimpin negara yang hobi melukis. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.