Ribuan Ikan Mati di Gunung Putri, Bupati Bogor Minta DLH Selidiki
Bupati Bogor, Ade Yasin meminta Dinas Lingkungan Hidup di wilayahnya menelusuri penyebab matinya ribuan ikan di Situ Citongtut, Gunung Putri (ANTARA)

Bagikan:

BOGOR - Bupati Bogor, Ade Yasin meminta Dinas Lingkungan Hidup di wilayahnya menelusuri penyebab matinya ribuan ikan di Situ Citongtut, Gunung Putri.

"Turun ke lapangan harus dicari penyebabnya apa berasal dari limbah industri siapa yang buang ke situ," ujarnya dikutip Antara di Bogor, Selasa, 1 Februari.

Ade Yasin meminta laporan hasil investigasi dari DLH Kabupaten Bogor mengenai matinya ribuan ikan tersebut dapat diserahkan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Kepala Desa Cicadas, Dian Hermawan menyebutkan bahwa ribuan ikan itu mengambang dan menumpuk ke permukaan pinggir danau yang airnya dalam kondisi keruh berwarna hitam.

"Sudah dua hari pada mabuk ikannya, sekarang mati," terang Dian.

Dia mengatakan peristiwa matinya ribuan ikan hasil sumbangan dari pemerintah dan pihak swasta itu dikeluhkan masyarakat sekitar lantaran menimbulkan bau tak sedap.

Dian menduga, matinya ribuan itu akibat pencemaran air danau oleh limbah berbahaya. Pasalnya, kejadian hampir serupa juga sempat terjadi pada 2020.

"Tahun lalu nggak terlalu parah. Ini yang terparah banyak ikannya yang mati sama bau busuk sampai ke area permukiman warga," kata Dian.