Nelayan Hilang di Kali Cileungsi, Tim SAR Gabungan Terus Lakukan Pencarian
Tim SAR melakukan pencarian terhadap korban pencari ikan yang tenggelam di kali CIlengsi/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA – Seorang pria 35 tahun dinyatakan hilang saat mencari ikan di kali Cileungsi, Kabupaten Bogor. Korban atas nama Edi Suryadi diduga terjatuh ke dalam air lalu terseret arus kali Cileungsi yang saat itu terlihat deras.

Menurut keterangan saksi, peristiwa bermula ketika korban tengah mencari ikan bersama seorang temannya menggunakan perahu rakitan di Kali Cileungsi. Ketika perjalanan pulang, korban mencoba menghentikan laju perahu dengan memegang sebuah bambu di bantaran kali, sehingga dirinya terjatuh ke dalam aliran air tersebut.

Teman korban berusaha menolong namun tidak kunjung berhasil. Hingga Selasa 9 November, pagi, pencarian korban masih terus dilakukan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta SAR Mission Coordinator (SMC), Hendra Sudirman mengatakan, setelah mendapatkan informasi mengenai kejadian, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta mengirimkan personil menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian korban. Pencarian terus dilakukan dengan menambah radius pencarian.

"Kami sudah mengirimkan tim rescue ke lokasi kejadian, lengkap dengan peralatan SAR air untuk melakukan pencarian terhadap korban sejak Senin 8 November, kemarin sore," ujar Hendra selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR kepada VOI, Selasa 9 November.

Pencarian dibagi menjadi dua area, dimana SRU pertama melakukan pencarian menggunakan Rubber Boat dengan jarak 5 KM dari lokasi kejadian.

"SRU kedua melakukan pencarian visual jalur darat dengan jarak 3 KM dari lokasi kejadian," katanya.

Pada pencarian kali ini, pihaknya melibatkan unsur SAR gabungan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Gunung Putri, Damkar Kabupaten Bogor, BPBD Kabupaten Bogor, BPBD Kota Bekasi, Koramil Gunung Putri dan Muspika Gunung Putri serta beberapa elemen lainnya.