Bakal Dipecat PDIP, Budiman Sudjatmiko Tutup Mulut
Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko (dok PDIP Jatim)

Bagikan:

JAKARTA - Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko enggan berkomentar terkait kabar pemecatan dirinya oleh DPP PDIP lantaran mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Diketahui, PDIP sendiri telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

Selain pemecatan, Budiman Sudjatmiko juga diberi opsi lain yakni pengunduran diri. Namun, keputusan tersebut akan diumumkan oleh DPP PDIP pada hari ini.

“Saya belum bisa berkomentar lebih jauh,” ujar Budiman saat dikonfirmasi, Senin, 21 Agustus.

Hingga pukul 12.30 WIB, DPP PDIP belum memutuskan nasib Budiman. Padahal beredar informasi, DPP PDIP akan mengumumkan posisi Budiman melalui konferensi pers pada pukul 11.00 WIB.  

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan partainya akan memberikan sanksi disiplin tegas kepada kadernya, Budiman Sudjatmiko buntut deklarasi mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Sanksi tersebut akan diputuskan hari ini.

Hasto mengatakan sanksi berupa pengunduran diri atau pemecatan akan diumumkan Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun.

"Nanti, Pak Komarudin akan mengumumkan, yang jelas partai tidak mentolerir terhadap tindakan indisipliner setiap kader partai. Partai akan mengambil suatu tindakan yang tegas, opsinya mengundurkan diri atau menerima sanksi pemecatan," ujar Hasto dalam keterangannya, Minggu, 20 Agustus.