Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menetapkan 451 orang dalam daftar calon sementara (DCS) calon anggota DPRD Kabupaten Temanggung pada Pemilu 2024. Ia menyebutkan dari sejumlah DCS tersebut terdiri atas 255 laki-laki dan 196 perempuan.

"Sesuai tahapan, kami telah melakukan pleno penetapan DCS," kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim di Temanggung, Sabtu, 19 Agustus.

Yusuf menyampaikan dari 16 partai politik yang ada di Kabupaten Temanggung terdapat lima partai politik yang bisa maksimal dalam DCS hingga mencapai 45 orang, yakni PKB, Gerindra, PDIP, Nasdem, dan PAN.

Berikutnya, Golkar (44), PKS (44), PPP (43), Demokrat (25), Perindo (23), Hanura (14), PKN (11), Gelora (9), Ummat (7), Garuda dan PSI yang masing-masing tiga orang.

Ia menuturkan tahapan selanjutnya adalah sosialisasi DCS kepada masyarakat dan tanggapan dari masyarakat pada 19-23 Agustus 2023.

Menurut dia dari 451 orang dalam DCS tersebut mengalami penurunan dari bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang diajukan.

"Angka tersebut turun dari pengajuan kemarin karena ada beberapa yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan secara total keterwakilan perempuan juga sudah terpenuhi. Yang terakhir kemarin di angka 459 orang, setelah perbaikan sampai pada pencermatan DCS yang ditetapkan di DCS 451 orang," katanya dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan pengumuman DCS pada 19-23 Agustus 2923 dapat diakses di website KPU (http://kab-temanggung.kpu.go.id), media cetak, dan media elektronik.

Yusuf menuturkan apa yang disampaikan ke masyarakat nanti ada tanggapan. Jika ada tanggapan masyarakat maka akan diverifikasi untuk mengetahui kebenarannya.

"Kami berharap dari DCS ini bisa ditetapkan menjadi DCT, namun partai politik tetap bisa melakukan tambal sulam, artinya calon masih bisa diganti tetapi tidak bisa menambah. Jadi angka pasti itu 451 orang, tetapi masih bisa berkurang dan tidak bisa bertambah," katanya.