Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari 3.000 Pelaut dan Marinir Amerika Serikat dari Kelompok Siap Amfibi Bataan (ARG) dan Unit Ekspedisi Marinir ke-26 (MEU) yang diangkut dua kapal perang AS tiba di Timur tengah, sebagai bagian dari pengerahan yang telah diumumkan sebelumnya oleh Departemen Pertahanan.

Kapal serbu amfibi USS Bataan (LHD 5) dan kapal pendaratan USS Carter Hall (LSD 50) memasuki Laut Merah setelah transit dari Laut Mediterania melalui Terusan Suez, mengutip situs US Naval Forces Central Command, Selasa 8 Agustus.

ARG Bataan yang berangkat dari Norfolk, Virginia pada 10 Juli, dilengkapi dengan Skuadron Amfibi 8, Tim Bedah Armada 8, Skuadron Kontrol Udara Taktis 21, Skuadron Tempur Laut Helikopter 26, Unit Kapal Serbu 4, Unit Master Pantai 2 dan MEU ke-26.

MEU ke-26, yang berbasis di Camp Lejeune, North Carolina, mampu melakukan misi amfibi, tanggap krisis, dan operasi kontinjensi terbatas untuk memungkinkan pengenalan pasukan lanjutan dan operasi khusus.

Mengutip The National News dari Kantor Berita Al-Sharq, juru bicara Armada Kelima AS Tim Hawkins mengatakan, "Keamanan navigasi di Selat Hormuz adalah prioritas bagi Amerika Serikat", serta menuduh Teheran "berulang kali mengancam keamanan navigasi atas dua tahun terakhir".

Pengerahan ini digambarkan Pentagon sebagai "tanggapan atas upaya baru-baru ini oleh Iran untuk mengancam arus bebas perdagangan di wilayah tersebut".

Musim semi ini, Iran menyita dua kapal tanker minyak di Teluk dan menyita Advantage Sweet yang berbendera Kepulauan Marshall, yang membawa minyak mentah Kuwait menuju perusahaan energi AS Chevron Corp.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada Bulan Mei, mereka berupaya untuk meningkatkan postur pertahanan Washington di Teluk, termasuk peningkatan "koordinasi dan interoperabilitas konstruksi Keamanan Maritim Internasional dan kesadaran Maritim Eropa di Selat Hormuz," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby.