Potensi Gelombang Setinggi 4 Meter di Utara Jayapura, BMKG Minta Nelayan Lokal Waspada
Ilustrasi nelayan tradional terjang gelombang tinggi laut untuk mencari ikan. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau nelayan yang mencari ikan di perairan Jayapura waspada terhadap gelombang tinggi.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Dok II Jayapura Heri Purnomo mengatakan gelombang kategori tinggi mencapai 2,50–4,0 meter berpotensi terjadi di Samudera Pasifik sebelah utara Jayapura dalam kurun waktu 7-9 Agustus 2023.

Sedangkan gelombang kategori sedang 1,25-2.50 meter berpotensi terjadi di perairan selatan Biak, perairan barat Biak dan Samudera Pasifik utara Biak.

Sedangkan gelombang kategori sedang setinggi 0,50–1,25 meter berpotensi terjadi di perairan timur Biak, perairan Jayapura-Sarmi dan Teluk Cenderawasih.

Prakirawan BMKG Adi Ramses Sagala menambahkan, pihaknya juga memprakirakan gelombang tinggi mencapai 1,25-2,50 meter kategori sedang terjadi di Samudera Pasifik utara Biak dan Samudera Pasifik utara Jayapura pada 10-13 Agustus 2023.

Sedangkan gelombang setinggi 0,50-1,25 meter berpotensi terjadi di perairan utara Biak, perairan selatan Biak dan perairan timur Biak, Teluk Cenderawasih serta perairan Jayapura-Sarmi.

Dia menyebutkan, BMKG Wilayah V Jayapura secara rutin melaporkan tentang kondisi gelombang di perairan Papua ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) atau Syahbandar sehingga dapat diinformasikan ke berbagai pihak.

Para nelayan juga diminta untuk aktif mengupdate perkembangan cuaca khususnya gelombang melalui media sosial milik BMKG.