Bagikan:

YOGYAKARTA – Sosok Atalia Praratya yang akrab disapa Ibu Cinta merupakan istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Melansir VOI, Atalia telah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR RI dari Partai Golongan Karya (Golkar). Dia maju di Daerah Pemlilihan (Dapil) Satu Jawa Barat, yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Menurut penuturan Ridwan Kamil, salah satu tujuan Atalia terjun ke dunia politik ialah agar hidupnya lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Jadi masuk partai itu memiliki sebuah cita-cita untuk membawa kebermanfaatannya di level kebijakan nasional. Sehingga memilih ingin mengabdikan pemikirannya di level Nasional. Sehingga yang paling pas sebagai anggota DPR," ujarnya pada Sabtu, 13 Mei 2023 lalu.

Lantas, seperti apa sosok Atalia Praratya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sosok Atalia Praratya

Atalia Praratya dikenal sebagai sosok yang sangat dekat dengan masyarakat, khususnya warga Jawa Barat.

Wanita kelahiran Bandung, 20 November 1973 itu telah lama bersentuhan dengan masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat Atalia adalah istri dari orang nomor satu di Jabar, Ridwan Kamil.

Atalia diketahui menempuh pendidikannya di Bandung, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Setelah tamat dari SMA 5 Bandung, Atalia melanjutkan pedidikan diploma di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran (Unpad). Berikutnya, ia mengambil gelar Sarjana Ilmu Politik di Universitas Parahyangan.

Usai mendapatkan gelar Sarjana, Atalia kembali melanjutkan karier akademiknya dengan mengambil program Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan.

Saat menempuh S2 itu, Atalia Praratya berhasil menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,67. Hal ini tak lepas dari dukungan dari suami dan kedua anaknya.

Di tengah kesibukannya sebagai istri gubernur dan seorang ibu, Atalia rupanya masih memprioritaskan pendidikan.

Disadur dari laman resmi Pemprov Jabar, Atalia Praratya Kamil meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi dengan predikat cum laude di Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

Gelar tersebut didapat Atalia setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Pengaruh Pengembangan Program Komunikasi Instruksional Sekolah Nonformal ‘Sekoper Cinta’ Terhadap Perubahan Perilaku Peserta Didik di Provinsi Jawa Barat.

Sidang promosi Doktor Atalia yang dipimpin langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dilaksanakan di Bale Sawala, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin, 10 September 2022.

Sidang tersebut turut dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga,  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta keluarga dan unsur Forkopimda Jabar, bupati/wali kota se-Jabar, dan kepala perangkat daerah  di lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

Karir Atalia Praratya

Sebagai istri Ridwan Kamil, Atalia sangat aktif dalam kegiatan masyarakat. Selain menjalankan tugas sebagai istri Gubernur, Atalia juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat serta Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat.

Tak hanya itu, Atalia juga disibukkan dengan berbagai pekerjaan lain. Atalia Praratya diketahui menjadi dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Widyatama.

Atalia juga menjabat sebagai komisaris PT Urbane Indonesia, Konsultan Arsitektur yang didirikan Ridwan Kamil bersama Achmad D. Tardiyana, Reza A. Nurtjahja, dan Irvan P. Darwis.

Selain memiliki karir akademis dan jabatan yagng baik, Atalia Praratya juga menulis beberapa buku. Ia bahkan sempat menerima penghargaan IKAPI Awards 2022 dalam kategori Promoter Literacy.

Demikian informasi tentang sosok Atalia Praratya. Untuk mendapatkan berita paling update lainnya, baca terus VOI.ID.