Skandal Miss Universe Indonesia 2023: dari Tinggi Badan Tak Sesuai, Foto Telanjang, hingga Penyuapan
Miss Universe Indonesia (Instagram-@missuniverse_id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Masyarakat menyoroti adanya dugaan skandal Miss Universe Indonesia 2023. Kontroversi tersebut berupa penyuapan hingga beredarnya foto bugil yang dilakukan dalam pemeriksaan tubuh. Munculnya dugaan skandal tersebut berujung pada mundurnya beberapa petinggi Miss Universe Indonesia.

Skandal Miss Universe Indonesia 2023

Seperti diketahui, Miss Universe Indonesia 2023 atau MUID 2023 adalah kontes kecantikan yang pertama kali digelar. Kontes tersebut berlansung pada 3 Agustus 2023 dengan Fabiënne Nicole Groeneveld dinobatkan sebagai pemenang. Nantinya ia akan mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2023 yang akan digelar di El Savador akhir tahun nanti.

Sayangnya, muncul dugaan skandal dalam Miss Universe Indonesia 2023. Kabar miring dalam penyelenggaraan MUID 2023 berupa pengecekan body check dengan cara telanjang dan disaksikan oleh beberapa pria dan difoto hingga adanya dugaan penyuapan.

Beberapa kontroversi Miss Universe Indonesia 2023 yang mendapat sorotan masyarakat adalah sebagai berikut.

1. Tinggi Badan Pemenang Tak Sesuai Aturan

Masyarakat menyoroti tinggi badan Fabienne Nicole yang menjadi pemenang MUID 2023. Pasalnya, penyelenggara memberi ketentuan kepada para peserta bahwa tinggi badan yang harus dipenuhi minimal 168 cm. Namun tinggi badan Fabienne Nicole disebut tak sampai 168 cm. Ketidaksesuaian tinggi badan tersebut terlihat saat Fabienne Nicole mengikuti foto bersama dengan peserta lain.

Adanya dugaan ketidaksesuaian tinggi badan pertama kali diungkap oleh Sally Giovanny, Province Director Miss Universe Indonesia Bali lewat Instagram Storynya. Dalam unggahannya, ia juga menandai Rizky Ananda Musa, Province Director Jawa Barat. Dari situ keduanya mulai mengunggah beberapa kejanggalan dalam penyelenggaraan Miss Universe Indonesia.

2. Body Check dan Foto Tanpa Busana

Selain adanya ketidaksesuaian tinggi badan, muncul pula isu body check yang dilakukan peserta dengan tanpa busana. Peserta disebut berada di sebuah ruangan tanpa busana disaksikan oleh dua pria. Sally pun mengunggah kesaksian salah satu orang yang menyaksikan sesi tersebut.

"Aku sudah melihat video ini, jujur nangis pas lihat ini. Sedih banget lihat korban memohon foto body checkingnya minta dihapus, mereka sangat gak nyaman tapi berusaha tetap senyum," demikian pengakuan saksi yang diambil lewat Story Sally, kemarin.

3. Isu Suap dalam Miss Universe Indonesia

Di media sosial juga muncul tudingan adanya suap sebesar Rp5 miliar yang dilakukan oleh orang tua pemenang Miss Universe Indonesia 2023. Suap disebut sebagai pelicin untuk memenangkan kontes kecantikan itu.

Meski muncul tuduhan, belum ada bukti yang memperkuat tuduhan penyuapan. Bahkan, Fabienne juga terkesan menyangkal adanya penyuapan tersebut dengan cara mengunggah dukungan positif yang diterima dari teman-temannya.

Itulah informasi terkait skandal Miss Universe Indonesia 2023. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.