Warga Menteng Keluhkan Kondisi Kabel yang Semerawut
Kabel yang semerawut di DKI Jakarta. (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Kondisi kabel yang semerawut di Jalan Cikini IV, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, mulai dikeluhkan warga setempat.

"Ini menurut saya sangat semerawut. Cukup bahaya apalagi itu tempat pejalan kaki melintas juga," kata Karyo, salah satu pengendara sepeda motor, Senin, 7 Agustus.

Karyo mengatakan, bahwa kabel tersebut sangat mengganggu akses jalan dan aktivitas warga terlebih jaringan kabel semerawut itu berada di atas trotoar. Selain itu, Karyo menjelaskan pemandangan kabel semerawut itu sudah berlangsung lama dan tidak dibenahi.

“Saya sih tidak tahu jaringan kabel itu milik siapa dan gunanya apa. Jaringan Kabel Semerawut itu sudah lama ga ada yang memperbaiki,” katanya.

Karyo berharap kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera dibenahi jaringan kabel yang semerawut itu. Lantaran, lanjut Karyo, dirinya khawatir kabel itu mengancam pengguna jalan dan warga yang memang kebetulan melintas.

"Sebaiknya diperbaiki saja agar tidak berantakan gitu. Ngeri juga kalau justru terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kesetrum atau kabel terbakar," ujarnya.

Seperti diketahui, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengarahkan kepada Asisten Setda Pemprov DKI Jakarta Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Asbang) untuk memanggil para perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi di Jakarta.

“Asbang dengan jajarannya mengundang semua pemilik kabel agar dirapikan," kata Heru usai rapat paripurna DPRD DKI Jakarta pada Jumat, 4 Agustus.

Hal ini menyusul setelah adanya dua kecelakaan yang melibatkan kabel fiber optik. Kecelakaan pertama terjadi pada 5 Januari 2023 di Jl Pangeran Antasari, Jakarta Selatan yang mengakibatkan korban mahasiswa cedera parah pada tenggorokan.

Kecelakaan kedua terjadi pada 28 Juli lalu di Jl Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat. Pada kecelakaan ini, korban seorang pengemudi ojek online meninggal dunia.