Profil Ferdinand Hutahaean, Kerap Gonta-ganti Partai Kini Maju sebagai Caleg PDIP
Ferdinand Hutahaean (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ferdinand Hutahaean, mantan politikus Partai Demokrat, mengklaim telah menjadi calon legislatif PDIP. Pengakuan yang disampaikan oleh Ferdinand tersebut cukup mengejutkan publik. Banyak masyarakat yang menyoroti profil Ferdinand Hutahaean karena sosoknya sebagai politikus yang beberapa kali menuai kontroversi. 

Ferdinand mengatakan dirinya terdaftar sebagai caleg anggota DPR RI dari Dapil Jakarta III untuk Pemilu tahun 2024 mendatang. Ia mengaku dirinya menggantikan Effendi Simbolon yang tidak lagi dicalonkan sebagai caleg oleh partainya. Sebelumnya Effendi memang terdaftar sebagai anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta III. 

Ferdinand mengungkapkan dirinya maju karena ditugaskan oleh PDIP. Dirinya dipercaya untuk mengisi dapil yang ditinggalkan oleh Effendi Simbolon. Lantas seperti apa profil Ferdinand Hutahaean dan sepak terjangnya di dunia politik?

Profil Ferdinand Hutahaean

Ferdinand Hutahaean lahir di Sumatera Utara pada 18 September 1977. Ferdinand dikenal sebagai politikus yang aktif bersuara melalui media sosial. Ferdinand telah menikah dan memiliki tiga orang anak. 

Sebagai politikus, sosok Ferdinand Hutahaean cukup menarik perhatian karena pernah beberapa kali berganti parpol. Selain menjadi kader PDIP, Ferdinand juga pernah bergabung dengan Demokrat dan kemudian pindah merapat ke Partai Gerindra. 

Karier Politik Ferdinand Hutahaean

Ferdinand Hutahaean mulai terjun ke dunia politik pada Pilpres tahun 2014. Saat itu dirinya tengah menjabat sebagai Ketua DPP Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP). Bersama kawan-kawan relawan, ia kerap menggelar aksi politik. 

Ferdinand Hutahaean berlabuh ke Partai Demokrat pada Mei 2017. Ia pernah menduduki jabatan Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat periode 2015-2020. Pada tahun 2019, Ferdinand Hutahaean mencalonkan sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat. Ia maju untuk dapil Jawa Barat V (Kab. Bogor), namun belum berhasil mendapatkan kursi di Senayan.

Pada Pilpres 2019, Ferdinand juga pernah menjadi Juru Bicara Direktorat Hukum dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) capres-cawapres Prabowo Subianto dengan Sandiaga Uno. 

Pada tahun 2020, Ferdinand memilih mundur dari Partai Demokrat karena merasa sudah tidak sejalan dengan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) putra mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Ferdinand juga mengaku pengunduran dirinya dari Demokrat juga berakitan dengan cara pandang Rancangan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (RUU Cipta Kerja) pada masa itu. Ferdinand resmi bergabung dengan Partai Gerindra dan dan memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) di partai tersebut sejak Januari 2023. 

"Saya memilih Gerindra sebagai labuhan politik untuk berjuang jaga bangsa ke depan. Karena saya meyakini, sosok Prabowo masih sosok yang dapat dipercaya untuk jadi benteng NKRI, menjaga bangsa dan menjaga Pancasila," kata Ferdinand saat HUT Partai Gerindra ke-15, Jakarta Selatan, pada Januari lalu.

Meski demikian, Ferdinand mengaku hingga saat ini belum mengetahui pasti pososinya di kepengurusan Partai Gerindra. Ia belum tahu bakal mengisis posisi di jajaran DPP ataupun daerah. 

Ferdinand Hutahaean sebagai Politikus yang Vokal Mengkritik

Ferdinand Hutahaean memang dikenal cukup vokal menyampaikan kritikan melalui media sosial. Tak jarang cuitannya mengundang kontroversi di masyarakat dan memancing emosi lawan politiknya. Bahkan saat berdebat dengan kubu sebelah, Ferdinand dikenal lantang menyampaikan argumennya. 

Ferdinand beberapa kali terseret dalam kontroversi. Pada tahun 2022, Ferdinand menjadi sorotan publik karena cuitannya dinilai menghina Tuhan dan agama. Akibat cuitan tersebut, akun medsosnya langsung diserang oleh para netizen. Bahkan Ferdinand juga dilaporkan oleh sejumlah aktivis Islam karena dianggap membuat postingan yang mengandung unsur ujaran kebencian yang bermuatan SARA. 

Demikianlah profil Ferdinand Hutahaean sebagai politikus yang cukup vokal menyuarakan kritikan. Menjelang perhelatan Pemilu 2024, Ferdinand mengatakan maju sebagai caleg dari PDIP dan akan mendukung bacapes Ganjar Pranowo. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.