Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menggelar Jakarta Investment Forum (JIF) 2023. JIF merupakan forum bisnis dan investasi di mana Pemprov DKI menawarkan sejumlah proyek pembangunan Jakarta kepada calon investor.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono menjelaskan, tujuan dari acara ini adalah mencari kesepakatan kepada mitra investor untuk membiayai kegiatan strategis, mulai dari bidang infrastruktur, pariwisata, kesehatan, dan yang lainnya.

"Diharapkan melalui mekanisme pembiayaan dan investasi optimal Jakarta dapat dilanjutkan kegiatan pembangunan jangka panjang serta proyek proyek strategis yang menunjang kualitas kehidupan masyarakat untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota untuk semua," kata Joko dalam acara JIF 2023 di Jakarta Selatan, Kamis, 3 Agutsus.

Joko menyadari, investasi sangat dibutuhkan dalam pembangunan kota. Dalam struktur perekonomian Jakarta, investasi memegang peranan yang signifikan, yakni sekitar 33,6 persen pertumbuhan Jakarta.

Terlebih, pada tahun 2024, Jakarta dirancang sebagai kota global dan pusat bisnis pascapemindahan Ibu Kota Negara RI ke Nusantara, Kalimantan Timur.

"Mudah-mudahan mereka tertarik dengan kondisi DKI Jakarta apalagi Jakarta akan menjadi Kota global dalam waktu dekat, sehingga kita memerlukan pembiayaan atau dana yang cukup tinggi untuk membangun Jakarta," ungkap Joko.

Lebih lanjut, Joko menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Jakarta naik 4,95 persen pada triwulan pertama tahun 2023. Nilai positif ini bisa menjadi daya tarik pada calon-calon investor untuk berinvestasi.

"Transportasi dan pergudangan mencatat kinerja tertinggi dan tumbuh sebesar 17,43 persen. Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi berdampak pada meningkatnya aktivitas transportasi Jakarta," ungkap Joko.

Pada tahun ini, JIF mengusung tema "Global City and Beyond". Tema ini sejakan dengan semangat Jakarta untuk memperkuat posisinya sebagai kota global usai tak lagi menyandang status Ibu Kota RI.

Adapun Proyek-proyek yang ditawarkan pada calon investor di JIF 2023 adalah:

1. Fatmawati Extended Concourse

2. Bundaran HI Extended Concourse

3. Dukuh Atas Pedestrian Deck

4. Fatmawati Mixed Use

5. Blok M Mixed Use

6. LOT A Ancol Residential Development

7. LOT B Ancol Mixed Use Development

8. New Marina Ancol

9. Putri Duyung Resort

10.East Ancol Mixed Use Development

11.West Ancol Mixed Use Development

12.Ancol Hotel

13.Ecopark Mixed Use Development

14.Depo LRT Development

15.LRT Jakarta Phase 2A-2B

16.BRT Transjakarta Shelter

17.JIEP Lot 4 Project

18.Pedestrian Shelter Redevelopment

19.Medical & Biomedical Waste Facilities

20.Regional Waste Processing Facilities

21.Green Shelter Electricity