18 Tahun Menikah dan Miliki Tiga Anak, PM Kanada Justin Trudeau-Sophie Sepakat Berpisah
PM Kanada Justin Trudeau dan sang istri Sophie di tengah kegiatan di Ottawa. (Wikimedia Commons/Taymaz Valley)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan dari Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie yang mengumumkan mereka sepakat berpisah setelah menikah selama 18 tahun.

PM Trudeau dan Sophie sebelumnya sudah berbicara terus terang mengenai kesulitan dalam hubungan mereka, dengan keduanya semakin jarang terlihat di muka umum beberapa tahun terakhir.

Trudeau (51) dan Sophie Gregoire Trudeau (48), menikah pada Mei 2005 dan memiliki tiga anak, berusia 15, 14, dan sembilan tahun. Pada hari jadi mereka di tahun 2020, Justin menggambarkan Sophie sebagai "batu saya, pasangan saya, dan sahabat saya."

"Sophie dan saya ingin berbagi fakta bahwa setelah banyak percakapan yang bermakna dan sulit, kami memutuskan untuk berpisah," kata Trudeau di Instagram, sementara Sophie mengunggah pesan yang hampir sama di akun Instagramnya sendiri, melansir Reuters 3 Agustus.

Pasangan itu membuat pengumuman seminggu setelah PM Trudeau meluncurkan perombakan kabinet besar-besaran, dalam upaya untuk meningkatkan keunggulan Partai Liberalnya, yang tertinggal dalam jajak pendapat. Ajudan mengatakan dia bertekad untuk memimpin Partai Liberal ke pemilihan berikutnya, yang akan diadakan pada Oktober 2025.

Sementara itu, Kantor PM Trudeau mengatakan keduanya telah menandatangani perjanjian hukum, menekankan pasangan itu akan fokus membesarkan anak-anak mereka. Keluarga akan pergi berlibur bersama minggu depan.

Gregoire Trudeau akan pindah ke akomodasi terpisah di Ottawa, tetapi berencana untuk menghabiskan banyak waktu dengan anak-anak di Rideau Cottage, kediaman resmi perdana menteri, untuk memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang normal, kata seorang sumber yang mengetahui situasi tersebut.

Sumber tersebut, yang meminta namanya dirahasiakan karena situasi yang sangat sensitif, mengatakan pasangan tersebut akan memiliki hak asuh bersama atas anak-anak tersebut.

Diketahui, ini salah satu krisis pribadi terbesar PM Trudeau sejak ia menjadi perdana menteri pada 2015. PM Trudeau kerap menekankan pentingnya kehidupan keluarga.