Tolak Munaslub, Dewan Partai Golkar Solid Dukung Kepemimpinan Airlangga Hartarto
Katum Golkar Airlangga Hartarto bersama tiga Ketua Dewan mengadakan pertemuan di Jakarta, Rabu 2 Agustus 2023

Bagikan:

JAKARTA—Tiga unsur Ketua Dewan DPP Partai Golkar menyatakan solid mendukung kepemimpinan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Ketiga Dewan Partai Golkar menyatakan menolak wacana musyawarah nasional luar biasa (munaslub) dan solid mendukung Airlangga, yakni Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, dan Dewan Pakar.

Dukungan itu disampaikan ketiga ketua dewan saat menggelar silaturahmi dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu 2 Agustus malam. Pertemuan tertutup antara Airlangga dan para ketua dewan digelar di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, sejak pukul 19.00 WIB.

Dalam pertemuan itu, Airlangga didampingi Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus. Sementara, tiga ketua dewan yang hadir, Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, dan Ketua Dewan Pakar Agung Laksono.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus menuturkan, pertemuan antara Airlangga dengan para ketua dewan berlangsung cair dan penuh kekeluargaan.

Ia menuturkan, kedekatan Airlangga dengan para ketua dewan membuat suasana pertemuan yang dilakukan sambil makan malam berlangsung penuh canda tawa.

“Para ketua dewan, Pak Ical (Ketua Dewan Pembina), Pak Agung (Ketua Dewan Pakar), dan Pak Akbar Tandjung (Ketua Dewan Kehormatan), menyatakan dukungannya agar Airlangga menyelesaikan periodesasi kepemimpinan Ketum Golkar hingga 2024 dan menolak gagasan munaslub,” tutur Lodewijk.

Wakil Ketua DPR RI menambahkan, selain menolak munaslub dan menyatakan dukungan pada kepemimpinan Airlangga, para ketua dewan juga menyampaikan dukungan penuh pada Ketum Golkar terkait sikap dan strategi partai berlambang pohon beringin di Pilpres 2024. Termasuk penentuan koalisi dan nama calon presiden dan calon wakil presiden.

“Para ketua dewan menyerahkan keputusan terkait pasangan koalisi atau nama capres-cawapres pada Ketua Umum Airlangga Hartarto. Mereka menegaskan, hal ini merupakan mandat dari Munas 2019 yang dikuatkan pada Rapimnas 2020 serta Rakernas,” tegas Lodewijk.

Sekjen Golkar menambahkan, di akhir pertemuan, Airlangga memakaikan jaket kuning loreng kepada seluruh ketua dewan. Jaket kuning loreng ini juga yang dikenakan seluruh Ketua DPD Tingkat I Partai Golkar saat bertemu Airlangga di Bali.

Sebelumnya, para ketua dewan telah menyatakan menolak wacana munaslub dan mendukung kepemimpinan Airlangga Hartarto. Sikap itu sebagai penegasan untuk menolak wacana munaslub yang disampaikan segelintir pihak. Para ketua dewan juga mengajak seluruh pengurus dan kader Golkar untuk solid menjelang Pemilu 2024.

Sekjen menambahkan, para ketua Dewan berpesan agar pengurus DPP di seluruh tingkatan untuk tetap menjaga soliditas dan fokus menyiapkan diri untuk memenangkan pileg dan pilpres di Pemilu 2024.

"Jangan ada lagi konflik internal yang justru kontraproduktif dengan cita-cita Partai Golkar, mengembalikan kemenangan seperti Pemilu 2004,” ujar Lodewijk.