50 Rumah di Palangka Raya Ludes Dilahap si Jago Merah, Pengungsi Ditampung di Gedung KONI
Kebakaran terjadi di Kompleks Falamboyan Bawah, Jalan Ahmad Yani, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (1/8/2023). ANTARA/HO-Jurnalis Warga

Bagikan:

KALTENG - Kebakaran melanda kawasan permukiman padat penduduk di Kompleks Flamboyan Bawah, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Puluhan rumah ludes terbakar.

"Data sementara yang kami dapatkan sekitar 50 rumah," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Heri Fauzi, Selasa 1 Agustus, disitat Antara.

Dia menuturkan tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu.

Warga yang rumahnya terbakar akan ditampung sementara di Gedung Olahraga KONI yang berada di komplek Lapangan Sanaman Mantikei.

"Dalam waktu dekat ini BPBD Kota Palangka Raya akan bangun dapur umum sementara untuk korban kebakaran," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya Gloriana menambahkan hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran dan jumlah bangunan rumah yang terbakar.

Saat ini petugas Damkar juga sedang melakukan pendinginan di lokasi kejadian karena masih ada sisa bara api yang membakar bangunan rumah warga yang rata-rata terbuat dari kayu.

"Belum bisa diperoleh data sementara karena lokasi yang terbakar cukup luas," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kebakaran cukup besar di kawasan permukiman padat penduduk itu membuat warga setempat panik. Warga dengan dibantu puluhan petugas Damkar Kota Palangka Raya berupaya memadamkan kobaran api yang melalap puluhan rumah dan bangunan.