Pemprov Kaltara Bangun Perumahan ASN di Kota Baru Mandiri
Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat meninjau pengembangan pusat pemerintahan Kota Baru Mandiri (KBM) di Bulungan. ANTARA/HO-DKISP Provinsi Kaltara.

Bagikan:

TARAKAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara akan membangun perumahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di lingkungan Pemprov Kaltara dalam pengembangan Pusat Pemerintahan Kota Baru Mandiri (KBM).

"Jadi peletakan batu pertama pembangunan perumahan ASN ini kita lakukan awal tahun 2024,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kaltara Helmi di Tanjung Selor, Bulungan dilansir ANTARA, Rabu, 26 Juli.

Setelah adanya pembangunan gedung DPRD Provinsi Kaltara dan kantor TVRI Kaltara.

Berbeda dengan perumahan lainnya yang kebanyakan dibangun oleh pihak swasta, pembangunan rumah ASN ini nantinya ditangani oleh pihak koperasi, sehingga lebih mudah.

“Perumahan ini hanya dikhususkan bagi ASN Kaltara, sementara yang lain seperti PNS kabupaten/kota tidak bisa, begitu juga dengan pegawai tidak tetap (PTT),” kata Helmi.

Dia menjelaskan, lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan perumahan ASN ini sekitar 42 hektare.

“Lahannya sudah ada, lagi dilakukan pematangan dengan luasan 42 hektare,” katanya.

Dia menuturkan perumahan ASN ini akan dilengkapi berbagai sarana hingga nantinya perumahan tersebut menjadi kawasan yang elit, di antaranya fasilitas olahraga, pasar, sekolah hingga rumah ibadah.

“Kita rancang dengan sistem kota satelit, perorangnya nanti mendapatkan lahan 10 X 16 meter dengan harga kisaran Rp100 juta sampai Rp200 juta,” katanya.