Janji Menangkan Kasasi dengan Mahar Rp375 Juta Soal Lahan Tanah, Pecatan Anggota Polisi Diringkus
Ilustrasi penangkapan. FOTO ANTARA/HO.

Bagikan:

TABALONG - Polres Tabalong, Kalimantan Selatan, membekuk pecatan anggota Polri inisial HR (34) karena diduga tersandung kasus penipuan lahan tanah.

Warga asal Kecamatan Halong Kabupaten Balangan ini ditangkap berdasarkan aporan korban BA (47).

"Pelaku HR, kita sangkakan Pasal 378 KUHP atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman maksimal empat tahun penjara," kata Anib saat gelar konferensi pers di Tabalong, Antara, Selasa, 25 Juli. 

Anib menjelaskan pelaku menjalankan modus meminta sejumlah uang kepada korban dengan iming-iming dapat membatalkan putusan Pengadilan Negeri Tanjung dan Pengadilan Tinggi Banjarmasin (upaya banding) serta upaya kasasi di MA.

"Tersangka menjanjikan kepada korban akan memenangkan putusannya. karena sebelumnya korban pernah melakukan gugatan perdata dengan obyek tanah namun kalah," ungkap Anib.

Sebelumnya ada kesepakatan antara pelaku dan korban sebesar Rp375 juta untuk mengurus permasalahan tanah milik korban.

Korban atau pelapor mengirimkan uang Rp67,9 juta ke rekening milik pelaku HR dengan maksud untuk mengambil sertifikat di bank dan melunasi utang korban.

Selanjutnya pelapor kembali mengirim Rp200 juta kepada pelaku untuk keperluan memberi hakim dan Mahkamah Agung karena putusan akan segera ditandatangani dengan dimenangkan oleh korban.

Namun pelapor merasa curiga dengan pelaku karena tidak pernah memberi kejelasan dan kepastian terkait proses kasasi.

"Atas kasus penipuan ini korban selaku pelapor merasa keberatan dan telah mengalami kerugian Rp267,9 juta," tutur Anib. 

Polisi juga menyita rekening koran bank BRI atas nama pelaku dan korban serta satu bundel kutipan Putusan Mahkamah Agung Tahun 2018 sebagai bukti.