Ganjar Pranowo Bawa Jawa Tengah Menangkan Provila Tiga Kali Berturut-turut
Ganjar Pranowo terima penghargaan Provila. (IST)

Bagikan:

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meraih prestasi gemilang dengan membawa Jawa Tengah meraih Penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak (Provila) untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Ini menjadi pencapaian luar biasa bagi seluruh kabupaten dan kota di Jateng yang kini telah mendapatkan predikat layak anak.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak dan pertama kali diterima oleh Jawa Tengah pada tahun 2021. Keberhasilan kedua kali diraih bertepatan dengan Hari Anak Nasional tahun 2022.

Kota Layak Anak

Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa prestasi Provila tiga kali berturut-turut ini merupakan buah dari komitmen kuat Jawa Tengah dalam menciptakan suasana aman dan nyaman bagi anak-anak.

"Keberhasilan ini merupakan bukti nyata dari upaya kita untuk selalu memberikan yang terbaik sehingga Kota Layak Anak benar-benar menjadi kenyataan," ujar Ganjar usai acara Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Padma Hotel Semarang, Sabtu 22 Juli malam.

Ganjar Pranowo berdialog dengan anak-anak. (IST)
Ganjar Pranowo berdialog dengan anak-anak yang diampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bintang Puspayoga. (IST)

Ganjar Pranowo juga memberikan apresiasi kepada seluruh kabupaten dan kota yang antusias dan berkomitmen penuh dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak.

"Kita harus menunjukkan bahwa kota layak anak ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh anak-anak, sehingga mereka merasa nyaman, aman, dan mendapatkan hak-hak mereka sepenuhnya," tambahnya.

Selain kabupaten dan kota, penghargaan Provila juga diberikan kepada Polda Jawa Tengah, menunjukkan kolaborasi yang baik dalam menangani pelanggaran terhadap anak-anak.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bintang Puspayoga, menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen dari kepala daerah dan pihak lainnya dalam melindungi anak Indonesia sesuai konstitusi.

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak-anak," ujarnya.

Informasi tambahan menyebutkan bahwa dari 35 kabupaten/kota di Jateng yang mendapatkan penghargaan, 15 kabupaten/kota mendapat predikat madya, 6 kabupaten/kota mendapat predikat pratama, 3 kabupaten/kota mendapat predikat utama, dan 11 kabupaten/kota mendapat predikat nindya.

Sebagai catatan, sebelumnya pada tahun 2018 dan 2019, Ganjar Pranowo juga telah menerima penghargaan sebagai Penggerak Provinsi Layak Anak dari KemenPPPA. Ganjar terus memberikan dorongan dan dukungan kepada kepala daerah di 35 kabupaten/kota untuk terus berupaya mewujudkan Kota Layak Anak. Hasilnya, sejak tahun 2021, Jawa Tengah berhasil menjadi pelopor provinsi layak anak.