Festival Budaya Mesiwah Pare Gumboh Kembali Digelar, Kemenparekaf Minta Budaya Dayak Deah Dijaga
Mesiwah Pare Gumboh (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Desa Liyu Sukri bersyukur Festival Budaya Mesiwah Pare Gumboh bisa kembali dilaksanakan dengan dukungan dari pemerintah. Sukri menjelaskan, Mesiwah Pare Gumboh merupakan ritual aruh adat Suku Dayak Deah yang ditujukan untuk menyampaikan ungkapan syukur setelah panen.

Ritual itu mencakup Nyerah Ngemonta atau penyerahan hasil panen serta Tombai, penyampaian ucapan terima kasih dari pemilik panen kepada pelaku ritual.

Bupati Balangan Abdul Hadi mengemukakan bahwa masyarakat Desa Liyu terus berupaya melestarikan adat istiadat serta menjaga kelestarian lingkungan.

"Hutan dijaga oleh masyarakat Dayah Deah, maka akan terus terjaga kelestariannya," kata dia dikutip dari ANTARA, Minggu, 23 Juli.

Hadir dalam festival, perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meminta Pemerintah Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan menjaga budaya Suku Dayak Deah, termasuk ritual adat Mesiwah Pare Gumboh.

"Tentunya dalam upaya mempertahankan adat istiadat ini juga perlu diimbangi dengan pengembangan dan penataan baik dari regulasi dan juga fasilitas," kata Inspektur II Kemenparekraf Kamal Rimosan sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah di Balangan pada Minggu.

Dalam hal ini, ia menyampaikan, pemerintah daerah antara lain bisa memfasilitasi upaya pengembangan wisata budaya Dayak Deah serta penyediaan sarana dan prasarana pendukungnya.