Menteri Sandiaga Minta Festival Seni dan Budaya Rutin Digelar Tiap Tahun
Sandiaga Uno (Foto via Kementerian)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak milenial mau terus memajukan kebudayaan di daerah. Salah satunya dengan menggelar rutin festival seni dan budaya.

Sandiaga bilang itu kala menghadiri workshop Kabupaten-Kota (KaTa) Kreatif Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Sandiaga mengucapkan selamat kepada Kabupaten Kutai Kartanegara yang menjadi subsektor seni pertunjukan ekonomi kreatif. Menurutnya pemerintah daerah setempat dapat memfasilitasi solusi yang berkelanjutan melalui karya inovatif.

"Saya melihat tadi karya-karya terbaik yang dimiliki mulai dari film, musik, hingga seni pertunjukan bisa kita kemas secara inovatif," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin 25 Juli.

Sandiaga mendorong Kepala Dinas serta Bupati Kalimantan Timur untuk menjadikan Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF) sebagai agenda tahunan. Dengan begitu diharapkan kesenian budaya tradisional di daerah dapat meluas hingga ke tingkat internasional.

"Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF) diharapkan dapat menjadi agenda rutin. Kepada Pak Kadis dan Pak Bupati kegiatan ini harus diajukan ke dalam karisma event Nusantara," ucap Sandiaga.

Diketahui, pada acara tersebut Sandiaga juga menyanyikan lagu dengan diiringi musik congkil (keroncong tingkilan). Dia tampil bersama salah satu penggiat seni pelando besayap, Een (35).

Sementara itu, Een mengapresiasi workshop Kabupaten-Kota (KaTa) Kreatif karena dinilainya sangat membantu para pekerja kreatif. Een pun menceritakan pihaknya sempat kesulitan menghasilkan karya kreatif.

"Acara ini sangat bagus sekali, terutama untuk para pekerja kreatif dalam mengungkapkan kesulitan mereka menghasilkan karyanya," tutur Een.

Een menilai kegiatan tersebut dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya kepada generasi muda saat ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Menteri, hal ini dapat memperkenalkan kebudayaan Kalimantan Timur kepada generasi muda," ungkapnya.