Sandiaga Mau Gema Festival Pacu Jalur Kuansing Bisa Mendunia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membuka Festival Pacu Jalur (balap perahu panjang) 2022 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau.

Sandiaga Uno datang disambut dengan meriah oleh masyarakat Kuansing dan puluhan ribu penonton festival yang memadati Lapangan Limuno, Teluk Kuantan.

Dalam sambutannya, Menteri Sandiaga Uno mengatakan festival seni budaya yang sudah dilestarikan selama seratusan tahun ini tidak hanya menyapa Provinsi Riau, tapi sudah menyapa dunia.

"Saatnya Kuansing (Kuantan Singingi) menjadi salah satu tujuan wisata nasional dan dunia," kata Sandiaga, Senin 22 Agustus.

Plt Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Suhardiman Amby mengatakan sudah dua tahun kegiatan Festival Pacu Jalur tidak dilaksanakan karena situasi pandemi COVID-19.

"Setelah mendapatkan izin, Festival Pacu Jalur 2022 sukses digelar, acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh tidak hanya masyarakat Kuansing, melainkan masyarakat Riau dan lainnya," ujarnya.

Ketua Panitia Festival Pacu Jakur Dedi Sambudy menyebutkan, ada sebanyak ratusan peserta jalur yang siap bertarung di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan 2022 selama lima hari pelaksanaannya, yakni pada 21-25 Agustus 2022.

Dalam mengisi festival, panitia juga menyelenggarakan pergelaran seni tari, seni vokal dan sejumlah atraksi meraih untuk menghibur masyarakat pada malam hari.

Selama festival berlangsung, juga ada acara bazar, ratusan pedagang dari berbagai kota/provinsi di Indonesia juga memanfaatkan kesempatan itu untuk meraup rezeki.

"Mari meriahkan Festival Pacu Jalur tahun 2022 ini, demi membangkitkan lagi gairah wisata di Kabupaten Kuantan Singingi dan Provinsi Riau," katanya.

Tradisi masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi yang pada 2022 ini memasuki usia ke-119 tahun. Sebanyak 178 jalur (perahu kayu panjang) dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Kabupaten Indragiri Hulu ikut meramaikan ajang yang telah dinantikan masyarakat ini.