Orang Indonesia Habiskan Rp150 Triliun untuk Berlibur ke Luar Negeri, Sandiaga Uno: Kita Arahkan ke Dalam Negeri
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Parekraf) Sandiaga Uno mengungkap setiap tahunnya orang Indonesia menghabiskan uang hingga Rp150 triliun untuk liburan ke luar negeri. Angka ini, tentu tidak bisa dianggap sedikit.

Sandi mengatakan, jumlah pengeluaran tersebut menunjukan bahwa wisatawan domestik selama ini kurang tersentuh. Seharusnya, kata dia, wistawan tersebut bisa diarahkan untuk berlibur di dalam negeri ketimbang menghabiskan uang ke luar negeri.

"Destinasi-destinasi super prioritas ini harus jadi destinasi wisata pilihan kita. Jadi ada Rp150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena kita asyik berlibur di negara-negara favorit kita," katanya, dalam webinar, Kamis, 28 Januari.

Melihat potensi uang yang keluar begitu besar, Sandi ingin agar setidaknya 30 persen dari total pengeluaran itu dialihkan untuk digunakan berlibur di dalam negeri. Apalagi, kata dia, saat ini ada lima destinasi prioritas yang bisa menjadi tujuan liburan bagi wistawan domestik.

"Kalau kita alihkan 20 persen sampai 30 persen saja itu bisa mencapai Rp50 triliun yang kita bisa arahkan untuk destinasi-destinasi kita, baik yang ada di NTT, itu di Manggarai Barat ada Labuan Bajo yang world class, maupun di Sulawesi Selatan juga, mulai dari Pulau Selayar, Toraja," ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berujar, banyak peluang-peluang yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menjaring wisatawan domestik agar tidak liburan ke luar negeri.

"Banyak sekali peluang-peluang dan ini kita melihat ekosistem ini harus dibangun, dan kita canangkan agar nanti di tahun selanjutnya kita menjadi destinasi wisata pilihan di Asia Tenggara," tuturnya.