Apa Itu Indonesia Emas 2045 dan Bagaimana Langkah Pemerintah Mewujudkannya?
Indonesia Emas 2045 (ekon.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA - “Indonesia Emas 2045” merupakan visi pemerintah Indonesia yang terus digaungkan sejak beberapa waktu belakangan. Dalam setiap pidatonya, Presiden Jokowi juga selalu menyebutkan klausa tersebut dengan nada berenergi. Namun masih banyak masyarakat yang belum paham apa itu Indonesia Emas 2045.

Indonesia terus bertransformasi dan berbenah dari tahun ke tahun untuk bisa menjadi negara maju yang sejajar dengan negara-negara adi kuasa. Untuk menyosong target tersebut, pemerintah memiliki visi “Indonesia Emas 2045”. Pada tahun 2045 nanti bangsa ini akan genap berusia satu abad atau 100 tahun. 

Meski masa keemasan itu masih 20 tahunan lagi, pemerintah sudah gencar menjalankan kebijakan-kebijakan strategis agar bisa mewujudkan cita-cita menjadi negara unggul. Lantas apa itu Indonesia Emas 2045?

Apa Itu Indonesia Emas 2045?

Indonesia Emas 2045 merupakan cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang maju untuk dapat bersaing dengan negara-negara adi kuasa dan mampu menghadapi tantangan zaman. 

Untuk bisa mewujudkan visi tersebut, maka diperlukan sumber daya manusia yang unggul, berkualitas, dan memiliki karakter yang bernilai dan berintegritas. Upaya ini digencarkan pemerintah Indonesia dengan cara membekali generasi-generasi muda yang mumpuni dalam menghadapi berbagai permasalahan dengan memiliki sikap smart leadership, strong leadership, dan inovatif. 

Anak-anak dan pemuda-pemudi saat inilah yang akan menjadi pemimpin dan berkontribusi bagi Indonesia di tahun 2045 mendatang. Pemerintah terus mengingatkan pentingnya generasi mudah sebagai nahkoda yang mengarahkan kemajuan atau masa depan bangsa ini kedepannya

Upaya Mencapai Cita-Cita Indonesia Emas 2045

Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yang harus dimanfaatkan agar bisa menjadi negara yang maju dari segala bidang, mulai dari ekonomi, pendidikan, pembangunan, sosial, budaya, dan lainnya. Pada tahun 2045 nanti, jumlah penduduk Indonesia 70% dalam usia produktif (15-64 tahun).

Indonesia memiliki cita-cita untuk menjadi negara dengan pendapatan per kapita yang setara dengan negara maju. Dengan pencapaian tersebut, maka bangsa ini bisa keluar dari Middle Income Trap (MIT). Untuk bisa meraih visi Indonesia Emas 2045, pemerintah meluncurkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Terdapat 6 bab dalam Struktur RPJPN 2025-2045 yang menjadi fokus pembangunan Indonesia. Enam bab tersebut, Selayang Pandang Pembangunan Indonesia; Megatren dan Modal Dasar; Indonesia Emas 2045: Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan; Indonesia Bertransformasi: Kolaborasi Menuju Indonesia Emas 2045; Mewujudkan Pembangunan Wilayah dan Sarana Prasarana Menuju Negara Nusantara; dan Mengawal Indonesia Emas 2045.

Demikianlah ulasan apa itu Indonesia Emas 2045 yang terus digaungkan oleh pemerintah. Indonesia harus optimis bisa mengejar cita-cita tersebut karena memiliki modal berupa jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, optimalisasi peluang bonus demografi, letak wilayah yang strategis, dan memiliki sumber daya alam yang melimpah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.