COVID Tembus Sejuta, 600 Nakes Wafat, Menkes: Perjuangan Mereka Jangan Sampai Sia-sia
Ilustrasi Tenaga Kesehatan (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan kepada masyarakat untuk mewaspadai penularan COVID-19. Kata dia, pandemi virus Corona di Indonesia semakin serius.


Sebab, saat ini telah ada 600 tenaga kesehatan (Nakes) yang meninggal dunia dalam keadaan positif COVID-19 karena tertular saat menangani pasien. Selain itu, saat ini total kasus COVID-19 telah menembus angka lebih dari 1 juta kasus.


"Saya yakin banyak teman-teman yang kita kenal yang sudah meninggal. Itu yang kita harus menjadikan refleksi lah. bahwa memang virusnya ada, pandemi ini serius," tutur Budi usai menjalani vaksinasi di Istana Negara, Rabu, 27 Januari.


Yang harus digarisbawahi, kata Budi, masyarakat tak boleh membuat gugurnya tenaga kesehatan karena berjuang merawat pasien COVID-19 menjadi sia-sia.


"Saya harus ajak teman-teman sekalian. Tenaga kesehatan yang sudah 600 yang wafat itu, jangan sampai mereka wafat sia-sia. Kita harus memastikan agar perjuangan mereka bisa kita teruskan," ungkap Budi.


Caranya, Budi meminta agar masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Lalu, pemerintah akan meningkatkan 3 T, yakni tracing, testing, dan treatment.


"Dua hal itu saya rasa untuk momen bekerja keras, sangat keras dan ekstra keras dalam hal mematuhi kesehatan. Yang 3M, juga dari segi Kemenkes mengkoordinasikan agar program yang 3T itu berjalan lebih cepat lagi. Itu yang harus kita lakukan bersama," ucapnya.