Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih berjalan kaki saat memeriksa barisan Polri saat peringatan ke-77 Hari Bhayangkara yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu, 1 Juli.

Momen ini berbeda karena setiap memeriksa barisan di acara serupa, Jokowi biasanya menumpang mobil komando dan berkeliling. Hal tersebut juga diamini oleh eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Memang tidak biasa tadi. Dalam pemeriksaan pasukan biasanya naik mobil," kata Jokowi sambil sedikit tersenyum.

"Tadi pemeriksaan dilakukan dengan berjalan," sambungnya.

Jokowi menyebut dirinya harus berjalan kaki cukup jauh karena pasukan yang diperiksa banyak dan berbaris di tengah stadion sepak bola. Tapi, dia merasa kondisi ini bukan masalah baginya.

"Memang cukup jauh tapi saya masih kuat," tegasnya diiringi riuh undangan yang hadir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Tangkapan Layar YouTube)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Tangkapan Layar YouTube)

Meski begitu, Jokowi punya alasan khusus mengapa dirinya memilih berjalan. Katanya, dia ingin menjaga rumput dari stadion tersebut.

"Karena saya tahu rumput Stadion Gelora Bung Karno ini tidak boleh rusak. Jadi, kalau memakai mobil, pasti rumputnya akan rusak, jadi tadi sudah betul," ujarnya.

Sebagai informasi, SUGBK digunakan untuk berbagai acara di luar pertandingan sepak bola maupun kegiatan olahraga lainnya. Terakhir, stadion tersebut dipakai untuk acara puncak Bulan Bung Karno (BBK) yang digelar oleh PDI Perjuangan.

Belakangan, beredar video kondisi rumput di lapangan SUGBK cukup rusak pasca acara BBK. Namun saat ini rumput di sana sudah kembali baik.