Rekam Jejak Pemimpin Penting, Megawati: Jangan Dilihat Fisiknya Saja
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. (Foto: Dok. PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan pemilih jangan terlena dengan tampilan calon pemimpin. Tak boleh memilih satu sosok hanya karena paras tapi menyampingkan rekam jejak.

Hal tersebut disampaikan Megawati saat puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu, 24 Juni.

"Kalau pemimpin itu sebenarnya mesti dilihat lahir batin, jangan fisik saja," kata Megawati.

Megawati paham masyarakat punya hak untuk memilih siapapun yang maju di Pemilihan Umum (Pemilu). Tapi, edukasi harus diberikan agar tak salah pilih karena memimpin Indonesia butuh pengalaman.

Apalagi, dulu dirinya pernah tak dipilih karena masyarakat lebih memilih calon yang punya tampilan fisik. Pengalaman ini disebutnya terjadi saat dia mau maju sebagai calon presiden.

"Diperlukan pemimpin yang berpengalaman, baik di lembaga legislatif maupun eksekutif. Kepemimpinan yang visioner arif, bijaksana dan memiliki rekam jejak prestasi yang baik, serta mengakar. Ini yang paling penting, mengakar kepada akar rumput," tegasnya.

"Karena itulah gunakan hak pilihmu dengan sebaik-baiknya," sambung Presiden ke-5 RI itu.

Lebih lanjut, Megawati menyinggung soal Ganjar Pranowo yang sudah ditunjuk menjadi capres PDIP. Katanya, sosok berambut putih itu bakal melanjutkan kerja pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Ganjar Pranowo akan terus berjuang bersama Presiden Jokowi di dalam mendayagunakan bonus demografi bagi percepatan kemajuan bangsa," pungkasnya.