Pemprov DKI Jakarta Jalin Sinergi dengan Satlantas Polda Metro Jaya dalam Penanganan Lalu Lintas KTT ASEAN
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan menjalin sinergi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polda Metro Jaya terkait penanganan lalu lintas saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta pada 5-7 September.

"Kami melalui Dishub DKI bersinergi dengan Satlantas Polda Metro Jaya demi lancarnya lalu lintas saat KTT ASEAN berlangsung di Jakarta," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dikutip dari Antara, Sabtu 24 Juni.

Pengaturan rute lalu lintas nanti terkait dengan jumlah delegasi yang hadir, arus kedatangan, serta kepulangan para delegasi dari bandara ke tempat acara atau penginapan dan sebaliknya.

Selain itu, Heru menyebut Pemprov DKI Jakarta terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terkait persiapan rangkaian KTT ke-43 ASEAN termasuk pengaturan rute lalu lintas.

Terkait dengan penyambutan para delegasi dan siapa saja yang terlibat, kata Heru juga masih dikoordinasikan lebih lanjut dengan Kementerian Luar Negeri.

"Beberapa hal dibahas, di antaranya rute lalu lintas dari hotel para delegasi di ruas Jalan Sudirman, Thamrin, dan Gatot Subroto menuju lokasi," ujar Heru.

Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI dan lembaga terkait terus berupaya memastikan konferensi internasional tersebut berjalan lancar.

"Pada akhir bulan Mei lalu, saya melakukan rapat koordinasi dengan Sekretaris Jenderal Kemenlu RI Cecep Herawan bersama jajaran di Balai Kota Jakarta," kata Heru.

Pemprov DKI Jakarta juga berencana mengerahkan anak-anak sekolah untuk memeriahkan acara dan menyambut kedatangan para delegasi di Jakarta.

Kemeriahan juga akan dihadirkan melalui media luar ruang, sehingga masyarakat juga tersosialisasi dengan baik.

Selain pengaturan lalu lintas, Heru menjelaskan bahwa Pemprov DKI juga melakukan berbagai kesiapan penyelenggaraan rangkaian KTT ASEAN di Jakarta seperti gotong royong, kerja sama lintas sektoral meliputi perbaikan jalan dan penerangan lampu jalan yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga.

"Jakarta siap untuk mendukung, serta menyukseskan kegiatan internasional ini," ujar Heru.

Oleh karena itu, Pemprov DKI terus konsisten berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam rangka menyusun konsep dan mematangkan rangkaian acara KTT ASEAN bersama dengan Kemenlu dan instansi Pemerintah Pusat terkait lainnya.

Terkait