Tarif Transjakarta-MRT-LRT Hanya Rp1 Khusus HUT DKI Besok!
Ilustrasi bus armada Transjakarta. (Antaranews)

Bagikan:

JAKARTA - Memperingati HUT ke-496 DKI Jakarta, pemerintah menerapkan tarif Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta sebesar Rp1 khusus besok Kamis, 22 Juni 2023.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0078 Tahun 2023.

"Dalam rangka HUT DKI, untuk angkutan umum massal jakarta ini akan digratiskan. Besok, mulai pukul 00.00 sampai dengan 23.59 WIB, layanan Transjakarta, LRT, dan MRT itu 0 rupiah atau gratis. Namun untuk pencatatannya sesuai dengan bank, itu 1 rupiah," kata Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 21 Juni.

Kebijakan ini pernah diterapkan pada tahun lalu. Di mana, saat perayaan HUT ke-495 Kota Jakarta, tarif penumpang Transjakarta dan LRT Jakarta digratiskan dan MRT Jakarta hanya bertarif Rp1 pada 22 Juni 2022.

Layanan tarif Rp1 pada transportasi publik yang dikelola badan usaha milik daerah (BUMD) DKI ini pun seperti penggunaan layanan biasanya, yakni menggunakan kartu uang elektronik (KUE) seperti JakLingko Card, JAK Card, Flazz, E-Money, Brizzi, dan lainnya.

Lebih lanjut, Syafrin menyebut pengenaan tarif Rp1 pada layanan Transjakarta, LRT Jakarta, dan MRT Jakarta tidak menambah beban APBD 2023.

Sebab, Pemprov DKI tak menggelontorkan anggaran public service obligation (PSO) atau subsidi khusus kepada para BUMD bidang transportasi tersebut.

"Dalam pemberian intensif pada 22 Juni ini tidak menambah plafon PSO yang sudah disetujui (saat penetapan APBD). Tidak ada hitungan bertambah berapa, itu tidak," jelas Syafrin.

Selain tarif khusus Rp1 pada angkutan publik, Pemprov DKI juga menggelar berbagai acara untuk menyemarakkan HUT Jakarta pada tahun ini bersama para stakeholder terkait.

Acara tersebut mulai dari Semasa Piknik, Monas Week, Festival Jakarta Great Sale, Lebaran Betawi, Jakarta Fair, Java Jazz, Uji Emisi Akbar, JakreatiFest, Wonder of Jakarta Fest Ancol, dan lainnya.