Cegah Penyakit Kulit pada Sapi, Belitung Butuh 1.200 Dosis Vasin LSD
Ilustrasi. Dokter hewan bersiap memberikan suntikan vaksin kepada ternak sapi yang terindikasi PMK di Aceh Besar pada Mei 2022. (Antara-Ampelsa)

Bagikan:

BABEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung membutuhkan sebanyak 1.200 dosis vaksin Lumpy Skin Disease (LSD). Vaksin LSD itu untuk mencegah penyakit kulit pada sapi.

"Kebutuhan vaksin LSD di Belitung mencapai sebanyak 1.200 dosis atau sesuai dengan jumlah sapi di masyarakat," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Belitung, Suparman di Tanjung Pandan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa 13 Juni, disitat Antara.

Menurut dia, jumlah kebutuhan vaksin LSD ini sama dengan jumlah kebutuhan vaksin booster Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi dan kambing di daerah itu, yakni 1.200 dosis.

"Vaksin LSD ini kami butuhkan untuk mencegah penyakit kulit yang disebabkan virus LSD ," ujarnya.

Ia mengatakan, pemberian vaksinasi ini bertujuan melindungi sapi di daerah itu dari wabah virus LSD atau penyakit kulit berbenjol.

Khusus untuk Provinsi Kepulauan Babel, kata dia, sampai saat ini belum ada pengadaan ataupun pendistribusian vaksin LSD.

"Karena sifatnya masih terbatas belum menyeluruh, pemerintah pusat masih memprioritaskan untuk daerah yang penyebaran LSD-nya sporadis dan sudah banyak, itu yang diutamakan terlebih dahulu," tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengoptimalkan upaya pencegahan virus LSD di daerah itu dengan mengedukasi peternak agar menjaga kondisi kebersihan kandang.

Selain itu pihaknya juga membagikan cairan disinfektan kepada para peternak dan penjual hewan kurban Iduladha 1444 Hijriah di wilayah setempat.

"Kami harapkan peternak dapat menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan cairan disinfektan ini sekali sehari di kandang mereka," ujarnya.

Dokter hewan di Puskeswan Tanjung Pandan drh Liza Aprianti mengatakan penyakit LSD atau kulit berbenjol disebabkan oleh virus yang menular melalui serangga.

"Kalau penularan karena serangga maka otomatis pencegahan harus mengeliminasi serangga dengan menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan cairan disinfektan," katanya.

Ia menjelaskan adapun gejala sapi yang terinfeksi virus LSD adalah demam yang disertai timbulnya benjolan di kulit.

"Benjolan itu dari kecil kemudian berkembang melepuh dan pecah, kemudian juga ada pembengkakan di kelenjar tubuh, hewan demam, lesu dan produktivitas mengalami penurunan salah satunya nafsu makan," tandasnya.