Butuh 2,7 Juta Vaksin Tangkal Wabah LSD yang Menyerang Sapi di Sumatera, Sayang Stok Vaksin Kementan Tidak Cukup
Ilustrasi wabah Lumpy Skin Disease (LSD) pada ternak sapi. ANTARA/HO-Kementan.

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pertanian menyediakan sebanyak 476 ribu dosis vaksin untuk wabah penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) di Pulau Sumatera yang menyerang hewan ternak sapi dan kerbau. Hal ini untuk mencegah penularan virus ke masyarakat.

Direktur Kesehatan Hewan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nuryani Zainuddin mengatakan, saat ini ketersediaan stok vaksin sebanyak 476.075 dosis sementara dibutuhkan vaksin untuk 2,7 juta ekor sapi di Pulau Sumatera yang dilandi wabah LSD.

"Berapa anggaran yang kita butuhkan untuk melakukan vaksinasi dengan 2,7 juta? Kita membutuhkan Rp104.733.702.000. Ini yang kita lakukan dan usahakan, siapa yang memberikan anggaran sebesar ini,” kata Nuryani dalam webinar 'Wabah Lumpy Skin Disease' di Jakarta, Antara, Rabu, 20 Maret.

Lumpy Skin Disease (LSD) merupakan penyakit infeksius pada hewan ternak sapi dan kerbau, disebabkan oleh virus Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) yang masuk dalam genus Capripoxvirus.

Sejak awal 2022, kasus LSD muncul di beberapa kabupaten/kota Provinsi Riau di Indonesia dan hingga saat ini sudah merebak di wilayah lainnya di Pulau Sumatera.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, saat ini terjadi 527 kasus LSD di Provinsi Riau, 564 kasus di Aceh, 73 kasus di Sumatera Utara, 13 kasus di Jambi, dan 4 kasus di Sumatera Barat dengan total 1.181 ekor.

Nuryani mengatakan, tingkat mortalitas LSD pada hewan ternak 1 hingga 5 persen, dan morbiditasnya 10 hingga 45 persen. Dia menyebutkan kasus kematian hewan ternak di Indonesia akibat LSD baru dilaporkan satu ekor.

Kendati tingkat kematiannya yang tidak tinggi, namun Nuryani menyebutkan LSD dapat menyebabkan dampak ekonomi yang cukup merugikan.

"Dampak ekonomi sudah pasti akan menyebabkan menurunnya produksi, terjadi kekurusan, dan menurunnya produksi susu. Kemudian kerusakan kulit permanen, penurunan atau kehilangan seluruh fertilitas pada sapi jantan dan sapi betina," kata Nuryani.

Nuryani menyebutkan hingga saat ini pengendalian penyakit LSD yang paling efektif adalah dengan vaksinasi.