Menteri ATR/BPN Targetkan Pengadaan Tanah IKN Rampung Juni 2023
IKN Nusantara di Kalimantan Timur/DOK Kementerian PUPR

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menargetkan pengadaan tanah Ibu Kota Negara (IKN) rampung pada akhir Juni 2023.

"Ada 12 paket pengadaan tanah di IKN, enam paket sudah selesai dan enam paket masih dalam proses kita selesaikan. Keenam hal tersebut kita targetkan akan selesai akhir Juni ini," ujar Hadi melalui keterangan tertulis dilansir ANTARA, Senin, 12 Juni.

Adapun 12 paket pengadaan tanah yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN di IKN antara lain IPAL dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu IKN; Dermaga Logistik; Fasilitasi Bendungan Sepaku Semoi; Bendungan Sepaku Semoi Tahap I; Intake Sungai Sepaku Tahap I dan Perubahan Intake Sungai Sepaku Tahap II.

Selain itu, Infrastruktur IKN Tahap I; SPAM Instalasi Pengelolaan Air KIPP; Bypass Shortcut Pasar Sepaku; Bendungan Sepaku Semoi Tahap II; Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek; dan Jalan Tol Akses Menuju IKN (Karang Joang-KTT Kariangau-Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang).

Hadi juga menyampaikan progres pengukuran kadastral sampai penerbitan Hak Pengelolaan (HPL). Kementerian ATR/BPN sudah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dan saat ini sedang dilakukan pemasangan tanda batas di IKN.

"Untuk perizinan pemetaan dengan drone akan keluar dalam minggu ini dari Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Dhomber dan Kementerian Perhubungan. Untuk pengukuran juga sedang dilaksanakan. Sedangkan, penyelesaian penerbitan HPL targetnya 27 Juli 2023," kata Hadi.