Bagikan:

JAKARTA - Paus Fransiskus tidak memberikan pemberkatan Hari Minggu di depan umum, saat pemulihannya dari operasi berjalan normal dan ia telah memulai terapi fisik untuk membantu pernapasannya, kata Vatikan.

Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, Paus berusia 86 tahun itu tidak mengucapkan doa Angelus pada Hari Minggu di depan umum, menonton Misa di televisi, kata pernyataan itu.

Para dokter telah merekomendasikan agar dia menghindari tekanan pada perutnya, setelah operasi tiga jam di rumah sakit Gemelli Roma untuk memperbaiki hernia pada Hari Rabu.

"Apa yang bisa menjadi kesempatan yang lebih baik daripada bisa mendukung Paus di sini di Gemelli?" kata Giovanna Vitiello dari Pompeii, yang pergi ke sana untuk menjalani tes medis dan berdoa di bawah jendela rumah sakit tempat Paus dirawat, melansir Reuters 11 Juni.

"Saya mengirimkan doa dan pelukan terbaik untuknya karena tanpa dia, kami akan merasa seperti domba yang tersesat," sambungnya.

Sementara itu, Paus Fransiskus akan tinggal di rumah sakit setidaknya sepanjang minggu ini. Pertemuan-pertemuan telah dibatalkan hingga 18 Juni.

Diketahui, Paus memiliki dua perjalanan yang direncanakan untuk musim panas ini, ke Portugal pada 2-6 Agustus dan Mongolia pada 31 Agustus-4 September.

Pernyataan Vatikan pada Hari Minggu mengatakan,Paus tidak menunjukkan tanda-tanda demam dan memiliki tingkat darah yang normal.

Selain itu, Paus Fransiskus juga menerima komuni, tambah pernyataan itu.