KKIR Belum Deklarasi Capres, Gerindra Sebut Pernyataan PKB Evaluasi Koalisi Masukan Bukan Ancaman
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (Nailin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai pernyataan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menyebut terbuka untuk mengevaluasi Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) apabila belum mendeklarasikan bakal capres-cawapres pada Juni bukan merupakan ancaman, melainkan sebuah masukan.

"Saya pikir yang disampaikan Pak Jazilul (Waketum PKB Jazilul Fawaid) itu tidak juga merupakan satu ancaman karena itu satu masukan," kata Dasco dikutip ANTARA, Kamis 8 Juni.

Dasco menyebut pihaknya menerima dan akan melakukan evaluasi di internal Partai Gerindra terkait masukan dari PKB agar pengumuman bakal capres-cawapres disegerakan pada bulan ini.

"Dan masukan itu tentu kami terima dan kami evaluasi bersama," ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa langkah terkait penentuan bakal capres-cawapres yang akan diumumkan akan dilakukan dengan berkoordinasi bersama PKB, sebagaimana kerja sama politik yang telah diteken bersama PKB-Partai Gerindra.

"Tentunya langkah-langkah itu akan diambil bersama-sama oleh Gerindra dan PKB, kita akan berkoordinasi, dan selalu berkoordinasi dengan PKB," ucapnya.

Sebelumnya, Rabu kemarin, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan membuka akan kemungkinan untuk mengevaluasi koalisi yang dijalin bersama Partai Gerindra lantaran bakal capres-cawapres belum diumumkan hingga saat ini.

"Kalau enggak (diumumkan) ya berpikir lebih baik netralkan lagi saja PKB supaya bisa berpikir yang lebih waras, dievaluasi," kata Jazilul di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Dia menyebut bahwa masukan agar bakal capres-cawapres KKIR itu segera diumumkan pada bulan Juni berasal dari para tokoh hingga kiai di PKB.

"Saya mendapat banyak masukan juga dari beberapa tokoh dan kiai di PKB, ulama, ya mohon segera diputuskan saja, sarankan kepada Pak Muhaimin 'Mohon putuskan di bulan Juni'," ucapnya.

Sebab, kata dia, Itjima Ulama Nusantara pada Januari lalu juga sudah mendorong agar pengumuman dilakukan pada Mei, namun belum berhasil direalisasikan sampai saat ini.

"Itu wajar saja tokoh menyampaikan ke saya, Pak Jazilul sampaikan ke Pak Muhaimin agar di bulan yang baik ini, di bulan Iduladha (diumumkan). Kemarin (Mei) kan Idul Fitri, kalau enggak (diumumkan) sudahlah evaluasi saja," tuturnya.