Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza menyebut uji coba penyambungan rute Transjakarta dan Transpakuan yang berangkat dari Bogor menuju Cibubur, Jakarta Timur bakal dilakukan mulai bulan depan.

"Mungkin dalam waktu dekat ini, ditargetin bulan Juli, lah, akan langsung uji coba (penyambungan rute Transjakarta-Transpakuan). Nanti kita akan lihat responsnya seperti apa," ungkap Welfizon di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, 7 Juni.

Saat ini, kedua badan usaha milik daerah (BUMD) tersebut masih menyusun mekanisme bisnis hingga operasional rute bus Transpakuan-Transjakarta dari Bogor menuju Jakarta.

"Salah satu pesannya itu adalah tidak boleh membebani keuangan perusahaan ataupun keuangan Pemprov. Jadi, ini yang sedang kita coba cari solusi yang baik itu seperti apa," kata Welfizon.

Seiring dengan itu, Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Bogor juga masih menunggu penerbitan izin operasional penyambungan rute oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Selain itu, satu masalah lain yang bakal dicarikan solusi dari rencana penyambungan rute ini adalah kurangnya jumlah bus Transpakuan yang bakal dioperasikan dalam penyambungan rute ini.

"Itu yang sedang dibicarakan, nanti armadanya pakai armada siapa. Kalau misalnya pakai bus Transjakarta, kan ada hitungan bisnis dan semoga segala macamnya," ujar dia.

Sebagai informasi, rencana kerja sama Transjakarta-Transpakuan ini diungkapkan dalam pertemuan antara Wali Kota Bogor Bima Arya dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beberapa waktu lalu.

Dari pembahasan Bima dan Heru di Balai Kota DKI Jakarta saat itu, kerja sama integrasi rute bus Transjakarta-Transpakuan ditargetkan akan mulai diimplementasikan secara resmi bulan Desember mendatang.