Relawan Rumah Jokowi Deklarasi Dukung Ganjar Presiden Tapi Tolak Prabowo Jadi Cawapres
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Relawan Rumah Jokowi resmi mendeklarasikan dukungannya untuk Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) nanti. Namun relawan ini berharap cawapresnya bukanlah Prabowo Subianto.

Ketua Umum Rumah Jokowi, Yonathan Yongki bilang, Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang dapat menjamin berkelanjutan pembangunan di Indonesia. Yongki juga mengungkapkan keberatannya jika Ganjar Pranowo nantinya dipasangkan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pilpres mendatang.

"Kami menyimpulkan pemimpin yang menjamin akan terjadinya pembangunan yang berkelanjutan adalah Ganjar Pranowo. Maka seluruh pendukung perwakilan Jokowi akan mendukung secara penuh untuk mendukung Ganjar Pranowo," kata Yongki, Kamis 1 Juni.

Yongki melanjutkan, "Ada beberapa pandangan yang soal pasangannya, cawapresnya Pak Ganjar Pranowo. Kami tidak mengusulkan tapi dengan berat hati kami sedikit keberatan bila Prabowo Subianto jadi cawapresnya Ganjar,” ujarnya.

Salah satu alasan keberatan tersebut adalah rekam jejak Prabowo Subianto dalam peristiwa kerusuhan tahun 1998. Yongki menjelaskan, "Sebagian besar dari relawan Rumah Jokowi di Indonesia ini adalah hampir semuanya adalah bekas aktivis 98. Mereka tahu catatan tentang Prabowo Subianto. Salah satunya kawan kita dari Papua, tadi sudah mengatakan secara langsung tidak setuju apabila Prabowo jadi cawapresnya," ujar Yongki.

Meskipun demikian, Yongki menegaskan bahwa jika Ganjar Pranowo memilih Prabowo Subianto sebagai cawapresnya, Rumah Jokowi tetap akan mendukung Ganjar.

"Kami yang berkumpul di sini basisnya adalah kemandirian dan program. Urusan pencapresan atau cawapres secara langsung itu bukan urusan kami. Ganjar sudah diusung oleh PDIP dan menurut kami kami bisa terima dan mendukung untuk mensukseskannya," ujarnya.

Yongki juga menekankan bahwa Rumah Jokowi tidak mengusulkan pasangan calon mana pun, namun mereka merasa keberatan dengan kemungkinan tersebut. Sikap selanjutnya akan diambil dalam rakernas berikutnya, yang direncanakan akan dilaksanakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan deklarasi ini, dukungan dari Relawan Rumah Jokowi diharapkan dapat memperkuat posisi Ganjar Pranowo dalam persaingan Pilpres 2024 mendatang.