Dorong Terwujudnya Desain Besar Olahraga Nasional, Menko PMK: Menyiapkan Pembinaan Muda
Ilustrasi. Atlet cilik skateboard Indonesia Bunga Nyimas berlaga di final taman putri Asian Games 2018 di Jakabaring, Palembang pada Agustus 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya mewujudkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menurut Menko PMK, DBON dapat menciptakan masa depan masyarakat Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas.

"Jadi olahraga itu tujuan utamanya adalah masyarakat sehat. Agar bangsa ini sehat, kuat, dan cerdas. Terutama dalam menyiapkan generasi muda yang berkualitas dan untuk pembinaan pemuda," kata Menko PMK dalam keterangannya, Rabu 31 Mei, disitat Antara.

Menko PMK menjelaskan, pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun.

"Dalam pelaksanaannya, DBON menjadi acuan dalam pengembangan olahraga nasional," katanya.

DBON, kata dia, merupakan program pembangunan olahraga jangka panjang 2021-2045 yang mencakup olahraga, pendidikan, olahraga masyarakat dan olahraga prestasi.

"Salah satu target dari DBON yakni Indonesia mampu meraih prestasi terbaik di Olimpiade 2044," katanya.

Lebih lanjut, Muhadjir menekankan bahwa pelaksanaan DBON jangan hanya fokus mengejar prestasi.

Menurut dia ada tiga hal yang perlu menjadi perhatian, yakni olahraga pendidikan, olahraga masyarakat, dan olahraga prestasi, ketiganya harus dijalankan untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang sehat.

"Tanpa ketiga hal itu dibangun secara utuh dan terintegrasi, maka target untuk menciptakan Indonesia sehat, kuat, dan cerdas itu bisa tidak tercapai, hal ini yang menjadi komitmen dari DBON itu," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, DBON itu mencakup ketiganya, dan hal itu menjadi tujuan pembangunan SDM secara keseluruhan.

Muhadjir menyampaikan, berdasarkan yang disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bahwa pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional akan dimulai berbasis dari sekolah melalui skema olahraga pendidikan.

"Karena itu peranan dari Kemendikbudristek, peranan Kementerian Agama itu menjadi sangat strategis," katanya.

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan pelaksanaan DBON juga akan ditindaklanjuti dengan adanya Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD).