Bagikan:

JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) secara resmi meluncurkan aplikasi Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN).

Aplikasi itu diluncurkan oleh Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora), Gunawan Suswantoro, di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 16 Oktober 2024, siang WIB.

Gunawan mengatakan bahwa aplikasi yang digunakan untuk meningkatkan kebugaran pelajar ini merupakan bagian dari implementasi Desain Besar Keolahragaan Nasional (DBON).

"Salah satu tujuan utama DBON tahun 2045 yakni 70 persen siswa berpartisipasi aktif berolahraga sehingga diharapkan siswa nantinya memiliki tingkat kebugaran jasmani dengan kategori baik," kata dia.

Implementasi Desain Besar Keolahragaan Nasional (DBON) merupakan kerja besar yang memerlukan dukungan sistem secara komprehensif dari hulu pembinaan hingga ke hilir pencapaian prestasi.

Gunawan menjelaskan bahwa keberadaan aplikasi ini bakal membantu memberikan gambaran mengenai tingkat kebugaran sekitar 50 juta siswa yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Data hasil TKPN akan menjadi pondasi untuk mengembangkan program-program Kemenpora ke depan," tutur Gunawan.

Level kebugaran siswa akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dengan cara mendorong siswa untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan (habit), gaya hidup (lifestyle), dan kebutuhan (sport for life).

Gunawan mengatakan bahwa Kemenpora juga akan melibatkan banyak pihak agar program tersebut berjalan dengan baik. Dia menyebut kebugaran siswa bakal jadi tanggung jawab bersama semua pihak terkait.

"Kami akan terus mejalin kerja sama dengan Kemendikbud, Kemenko PMK, Kemenag, Kemenkes, Bappenas untuk terus memantau level kebugaran siswa Indonesia yang merupakan aset berharga," ujar dia.