Warga Timor Tengah Selatan NTT Terinfeksi Rabies Jadi 46 Orang, 1 Meninggal
Seekor anjing terkapar akibat terkena gigitan anjing rabies di Kabupaten TTS, NTT pada Mei 2023. (Antara-Balai Karantina Kelas I Kupang)

Bagikan:

NTT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Selatan (TTS) melaporkan korban yang terinfeksi akibat gigitan anjing rabies bertambah jadi 46 orang dari sebelumnya 20 jiwa.

"Saat ini jumlahnya sudah 46 orang dengan rincian satu orang meninggal dunia," kata Bupati TTS Egusem Pieter Tahun dari Kota Soe, TTS, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 31 Mei, disitat Antara.

Dia menuturkan, hal ini berkaitan dengan perkembangan penyebaran virus rabies di Kabupaten TTS, yang sudah memakan satu orang korban berujung meninggal dunia.

Bupati Egusem menjelaskan, sebanyak 46 orang yang terinfeksi itu berdasarkan observasi tim kesehatan kabupaten setempat yang berlangsung hingga Selasa 30 Mei di TTS.

Para korban, tambah dia, berasal dari sejumlah kecamatan di kabupaten itu seperti Amanatun Selatan, Kecamatan Nunkolo, Kecamatan Kie, kecamatan Kuatnana, Kolbano, serta kecamatan Fautmolo.

Dia mengatakan, saat ini 18 orang yang dirawat sudah mendapatkan vaksin dari kuota 100 vaksin yang dibawa oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTT.

“Dari jumlah tersebut ada juga anak-anak yang terkena terinfeksi virus rabies yang jumlahnya mencapai 11 anak. Mereka dalam pemantauan sebab rawat jalan,” tambahnya.

Sementara rentang usia 50 sampai 73 tahun ada sebanyak enam orang. Kini kata dia, pihaknya telah mengisolasi desa tersebut dari masuk dan keluarnya hewan penular rabies (HPR).

Dia juga mengatakan bahwa dirinya sudah menetapkan kejadian rabies sebagai kejadian luar biasa (KLB). Pihaknya juga sudah melarang warga agar mengikat HPR.

Pemerintah setempat juga tambah dia bekerja sama dengan aparat terkait seperti Polri dan TNI akan mengeliminasi sejumlah hewan penular rabies (HPR) yang berkeliaran di lingkungan masyarakat.