Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi melantik dan mengambil sumpah jabatan tujuh Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk sejumlah negara sahabat dan organisasi Internasional pada Hari Senin.

Bertempat di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, mereka yang dilantik dan diambil sumpah yakni, Berlianto Pandapotan Hasudungan sebagai Konsul Jenderal RI di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok; serta Darianto Harsono sebagai Konsul Jenderal RI di Istanbul, Republik Türkiye.

Berikutnya ada Edy Wardoyo yang dilantik sebagai Konsul Jenderal RI di Mumbai, Republik India; Bambang Gunawan sebagai Konsul Jenderal RI di Noumea, Kaledonia Baru; serta Tudiono sebagai Konsul Jenderal RI di Cape Town, Republik Afrika Selatan.

Dua nama terakhir yang dilantik hari ini adalah Yusron Bahauddin Ambary sebagai Konsul Jenderal RI di Jeddah, Kerajaan Arab Saudi merangkap Organization of Islamic Cooperation (OIC); serta Listyowati sebagai Konsul Jenderal RI di Chicago, Amerika Serikat.

"Keluarga besar Kementerian Luar Negeri mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik, selamat bertugas mengemban amanah baru yang dipercayakan. Selamat berbakti untuk negeri," tulis Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan di situsnya, Senin 29 Mei.

Diketahui, diplomasi secara formal dilakukan baik oleh korps perwakilan diplomatik maupun oleh korps perwakilan konsuler, seperti mengutip situs Kementerian Luar Negeri RI.

Korps perwakilan diplomatik dipimpin oleh seorang Duta Besar sedangkan korps perwakilan konsuler di pimpin oleh seorang Konsul Jenderal.

Konsulat pada dasarnya hampir sama dengan kedutaan, namun area kerjanya hanya pada penanganan hubungan konsuler atau hubungan antarmanusia dan hubungan ekonomi, tidak termasuk hubungan politik.

Pembukaan hubungan diplomatik merupakan suatu upaya konkret untuk mempererat hubungan dan kerja sama dengan negara-negara lain yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ​masyarakat di kedua negara.

Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki sebanyak 132 perwakilan yang terdiri dari 95 Kedutaan Besar, 3 Perutusan Tetap untuk PBB di New York dan Jenewa, serta Perutusan Tetap untuk ASEAN di Jakarta, 30 Konsulat Jenderal dan 4 Konsulat Republik Indonesia. Selain itu Indonesia juga telah mengangkat 64 Konsul kehormatan.