Nikmati Akhir Pekan Santai di Solo, Berikut Sejumlah Aktivitas Seru Puan Maharani Bersama Gibran 
Puan menikmati waktu berkeliling Solo bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Dok. Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI dan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, menghabiskan akhir pekan di Solo, Jawa Tengah, yang juga merupakan daerah pemilihannya. Puan menikmati waktu berkeliling Solo bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Pada Sabtu sore, 27 Mei, Puan tiba di Solo dan disambut oleh Gibran, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Bupati Klaten Sri Mulyani. Mereka kemudian menuju Solo Paragon Mall dari Bandara Solo.

Di Solo Paragon Mall, Puan terlihat menjelajahi pusat perbelanjaan sambil berbincang akrab dengan Gibran, yang juga merupakan politikus PDIP. Mereka mengunjungi beberapa stand UMKM di Solo Paragon Mall, termasuk pameran batik.

Puan bahkan membeli beberapa potong batik di stand pameran tersebut. Dia juga berinteraksi dengan masyarakat yang berada di mal dan banyak pengunjung yang meminta foto bersamanya.

"Saya biasanya datang ke sini untuk urusan resmi yang seringkali rumit, jadi sekarang saya ingin bersantai. Sudah lama saya tidak ke Solo, dan kali ini diajak oleh Mas Wali (Gibran) untuk berkeliling Solo," ujar Puan saat ditanya oleh wartawan tentang tujuan kunjungannya di Solo.

Sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah V yang mencakup Solo Raya, Puan sering kali melakukan kegiatan di Solo. Ia melihat banyak produk lokal yang dijual di Solo Paragon Mall dan bahkan membeli es teh di gerai Teh Gardu untuk dibagikan kepada pengunjung mal yang sedang berkunjung.

"Besok saya berencana menghadiri car free day (CFD) dan mengunjungi Solo Safari. Saya belum pernah ke Solo Safari, jadi saya diajak oleh Mas Wali untuk pergi ke sana," tambahnya.

Selain menghadiri CFD yang juga akan didampingi oleh Gibran, Puan berencana berjalan kaki ke Pasar Gede, Solo. Kegiatan-kegiatan ini merupakan bagian dari kunjungannya untuk berinteraksi dengan masyarakat Solo Raya.

Setelah berbelanja di Solo Paragon Mall, Puan dan Gibran menikmati makan malam di Sumber Bestik Pak Darmo, sebuah warung makan sederhana di daerah Laweyan, Solo. Mereka duduk bersama dan terlihat santai sambil menikmati hidangan bestik sapi dan nasi goreng.

3

Puan dan Gibran juga merekam vlog bersama saat mereview makanan yang mereka santap di Rumah Makan Sumber Bestik Pak Darmo. Puan mengaku senang bisa mencicipi makanan khas Solo.

"Senang sekali mencoba makanan-makanan khas Solo. Saya makan bestik sapi dan nasi goreng. Bagaimana dengan Mas Wali?" tanya Puan kepada Gibran.

"Juga bestik," jawab Gibran.

Setelah makan malam, Gibran mengajak Puan untuk melihat Night Market Ngarsopuro, sebuah kawasan wisata malam di depan Istana Mangkunegaran. Gibran menjelaskan kepada Puan tentang kegiatan UMKM di Night Market Ngarsopuro yang berhasil dihidupkan kembali setelah terhenti akibat pandemi Covid-19.

Puan terlihat antusias melihat berbagai stand UMKM yang menjual produk fashion, kuliner, dan suvenir khas Solo. Namun, kunjungan mereka tidak berhenti di situ. Malam itu, Gibran juga mengajak Puan untuk menonton konser Dewa yang digelar di Auditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

"Habis makan, saya diajak Mas Wali untuk menonton konser Dewa," kata Puan.

Selain Dewa, konser tersebut juga menampilkan penampilan dari Ari Lasso, Ello, Ardhito Pramono, dan beberapa penyanyi lainnya. Puan dan Gibran menikmati penampilan mereka bersama-sama.

Puan menegaskan bahwa kunjungannya ke Solo kali ini tidak ada agenda politik khusus. Tujuan utamanya adalah bertemu dan menyapa masyarakat Solo.

"Pergi ke sini bersama-sama dengan Mas Wali adalah agenda politiknya. Itu saja," jelas Puan saat ditanya oleh wartawan.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan menjadikan Gibran sebagai juru kampanye dalam Pemilihan Legislatif dan Pilpres mendatang, Puan mengatakan bahwa semua kepala daerah dari PDIP memiliki tugas tersebut. Sebagai Ketua Tim Pemenangan PDIP untuk Pileg dan Pilpres 2024, Puan memastikan bahwa setiap kepala daerah PDIP harus menjadi motor terdepan partai.

Puan juga memberikan tanggapannya terkait pertemuan antara Gibran dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang juga akan maju dalam pilpres mendatang. Puan langsung bertanya kepada Gibran di hadapan wartawan mengenai pertemuannya dengan Prabowo.

Gibran menjawab dengan singkat, "Biasa saja."

"Sekarang tanyakan kepada Mas Wali, kan Mas Gibran yang bertemu dengan Mas Prabowo," tambah Puan.

Menanggapi perkembangan koalisi PDIP dengan partai lain dalam Pilpres 2024, Puan menyatakan bahwa PDIP telah menjadwalkan pertemuan dengan beberapa ketua umum partai politik dalam waktu dekat. Ia juga memastikan bahwa PPP telah sepakat untuk bergabung dengan PDIP dalam mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

"Pasangan PPP dan PDI Perjuangan sudah bergabung. Sudah ada pertemuan antara Ketua Umum PDIP dan Ketua Umum PPP. Ini adalah kesepakatan yang kami buat, yaitu kesamaan niat untuk calon presiden yang sama dalam Pileg dan Pilpres yang akan datang," ungkap Puan.

Puan juga memberikan tanggapannya mengenai hasil Survei Litbang Kompas terbaru yang menunjukkan penurunan elektabilitas Ganjar Pranowo. Menurut Puan, hasil survei tersebut menjadi tantangan yang perlu dievaluasi oleh PDIP.

"Hasil survei ini menjadi tantangan yang harus dievaluasi. Semoga ke depannya bisa menjadi lebih baik. Insya Allah," tutup Puan.