Jenazah Tiba di Rumah Duka, Menteri LHK: Pak Sarwono Salah Satu Putra Terbaik Bangsa
Peti jenazah mantan Menteri Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja setibanya di rumah duka di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (27/5/2023). (Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Jenazah mantan Menteri Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja tiba di rumah duka di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu.

Jenazah tiba di rumah duka pada pukul 17.54 WIB setelah diterbangkan dari Penang, Malaysia dan tiba di Jakarta sekitar pukul 16.30 WIB.

Terpantau sejumlah tokoh seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno telah hadir ke rumah duka.

Suasana rumah duka tampak haru dipenuhi berbagai macam karangan bunga dari sejumlah tokoh seperti Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta sejumlah tokoh nasional lainnya.

Di rumah duka, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan almarhum Sarwono Kusumaatmadja merupakan salah satu putra terbaik Bangsa Indonesia.

"Saya kira semua orang tahu bahwa beliau adalah salah satu putra terbaik bangsa, beliau menjadi mentor bagi banyak rekan, beliau adalah senior, beliau juga profesional," katanya, dikutip ANTARA, Sabtu, 27 mei.

Siti mengatakan almarhum merupakan sosok yang memberi keteladanan, penuh pengetahuan, solutif, dan menjadi tempat yang nyaman untuk diajak bicara dalam perspektif dan spektrum yang begitu lebar.

Dia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu kelancaran proses pemulangan jenazah dari Malaysia.

Sebagaimana yang telah diketahui, almarhum sempat menjabat sebagai Menteri Eksplorasi Kelautan Indonesia di era Gus Dur serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara di era Soeharto.