Menteri Trenggono: Sarwono Kusumaatmadja Sosok Berjasa di Sektor Kelautan dan Perikanan Indonesia
Menteri Kelautan dan Perikanan periode 1999-2001 Sarwono Kusumaatmadja pada Selasa 2 November 2019. (ANTARA-Virna P S)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono terkejut dan sedih usai menerima kabar meninggalnya Sarwono Kusumaatmadja di tengah kunjungan kerjanya di Fuzhou, China.

“Beliau terkejut dan sedih mendengar kabar duka ini," kata Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan, Doni Ismanto, Jumat 26 Mei, disitat Antara.

Trenggono melalui Doni menyampaikan kabar ini turut menjadi duka keluarga besar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Menurutnya, sosok yang menjabat Menteri KP periode 1999-2001 merupakan sosok panutan dan sangat berjasa.

“Bagi Bapak Menteri Trenggono, almarhum merupakan sosok panutan dan berjasa bagi sektor kelautan dan perikanan Indonesia," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan VI, Sarwono Kusumaatmadja, meninggal dunia di Penang, Malaysia, Jumat 26 Mei, pukul 17.15 waktu setempat.

Konsul Jenderal Republik Indonesia Penang Bambang Suharto mengatakan, Sarwono masih aktif menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim itu tutup usia di Adventist Hospital, Penang.

Sarwono meninggal saat perawatan kanker paru di Penang sejak 11 Mei.

Menurut Bambang, rencananya almarhum akan diterbangkan ke Jakarta pada Sabtu 27 Mei siang. Sarwono akan disemayamkan di rumah duka Jalan Belitung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Konjen Bambang yang sempat membesuk selama Menteri KP pada Kabinet Persatuan Nasional itu dirawat di Penang mengatakan seluruh putra dan putri berada di sana mendampingi Sarwono di saat terakhir.

Ia mengatakan KJRI Penang sedang membantu proses pemulangan jenazah secepatnya, mengurus semua dokumen yang diperlukan dan penerbangan menuju Jakarta.