Ibu-ibu Viral Usai Kawal Ambulans Terjebak Macet, Dapat Bantuan dari Kepolisian
Mawar, ibu di Sukabumi yang mengawal ambulans terjebak macet/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede memberikan penghargaan kepada seorang ibu yang aksinya sempat viral di media sosial karena mengawal ambulans di tengah jalan.

"Setelah ditelusuri, ternyata ibu-ibu yang ada di video tersebut merupakan warga Kampung Leuwigadog, RT 13, RW 06, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jabar," kata Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Sukabumi Ipda Pready, Minggu 14 Mei.

Menurut Pready, kedatangan personel Satlantas Polres Sukabumi ke rumah Mawar tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan dan hadiah dari Kapolres Sukabumi atas aksinya mengawal ambulans yang tengah membawa pasien seorang bayi berusia delapan minggu dengan kondisi mengenakan alat bantu nafas bersama orang tuanya untuk dirujuk dari RSUD Jampangkulon menuju RSUD Sekawangi, Kecamatan Cibadak.

Aksi heroik yang dilakukan oleh Mawar dengan mengawal ambulans yang terjebak macet pada musim libur Lebaran lalu tepatnya pada Minggu, 30 April sekitar pukul 17.00 WIB dari Simpang Tiga Loji-Kiaradua-Palangpang sampai Simpang Tiga Bagbagan, Kecamatan Palabuhanratu tentunya sangat membantu ambulans tersebut lepas dari padatnya arus kendaraan di jalur wisata Palabuhanratu.

Selain memberikan hadiah berupa helm, Mawar pun mendapatkan bantuan dari Kapolres Sukabumi.

"Kami pun memberikan edukasi kepada Mawar agar selalu menggunakan helm saat menggunakan sepeda motor, meskipun aksi yang dilakukannya heroik, tetapi saat itu ia (Mawar) tidak menggunakan helm, sehingga bisa juga membahayakan dirinya," tambahnya.

Sementara, Mawar mengaku terkejut dengan kedatangan sejumlah personel Satlantas Polres Sukabumi ke rumahnya, karena mengira ia telah melakukan kesalahan ataupun melakukan aksi yang melanggar hukum.

Ternyata setelah dijelaskan, kedatangan para personel Polri ini untuk memberikan penghargaan dan hadiah untuk dirinya. Mawar pun akhirnya merasa lega dan tentunya tidak menyangka aksi mengawal ambulans tersebut berbuah penghargaan dari Kapolres Sukabumi.

Bahkan, ia pun tidak pernah menyangka apa yang telah dilakukannya itu menjadi viral di media sosial, bahkan di aplikasi TikTok aksinya itu sampai ditonton lebih dari 1 juta kali. "Sebenarnya saat itu saya hendak ke minimarket, tetapi mendengar suara sirine ambulans dan dilihat terjebak macet maka secara spontan mendahuluinya untuk membuka jalan," katanya.

Kelihaian membawa sepeda motor dan mengetahui kode-kode, karena dirinya selama empat tahun terakhir kerap ikut touring bersama komunitas sepeda motornya. Tentunya tindakan spontan yang dilakukan Mawar ini karena ia tergerak untuk membantu sopir ambulans khususnya pasien agar bisa cepat sampai tujuan.