Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto memeriksa jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur. Tujuannya guna memastikan tak ada potensi gangguan keamaan ketika fasilitas umum itu beroperasi.

Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bakal diuji coba sebelum akhirnya dibuka untuk umum pada 18 Agustus 2023.

"Memastikan bahwa apabila kereta dicoba mendekati kecepatan yang sebenarnya, maka dibutuhkan keamanan dalam pengoperasiannya. Sehingga segala bentuk potensi gangguan harus ditiadakan,” ujar Karyoto dalam keterangannya, Sabtu, 13 Mei.

Uji coba KCJB rencananya akan dilakuan dalam waktu dekat. Namun, perihal waktu pastinya belum diketahui.

Gangguan yang harus dipastikan tak terjadi semisal adanya bagian jalur yang terbuka. Kemudian, Polda Metro Jaya juga akan memberikan pemahanan seputar KCJB kepada masyarakat yang tinggal di sekitaran jalur.

“Jalur yang terbuka, yang dekat dengan pemukiman perlu sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat yang dekat dengan jalur KA cepat ini,” ungkapnya.

Oleh karenanya, kata Karyoto, pihak bakal menginventarisasi dan mensosialisasikan terkait dengan keamanan dan keselamatan masyarakat. Terutama di titik yang dianggap rawan.

“Sehingga Polri dalam hal ini Polda Metro dan Polda Jawa Barat harus menginventarisir tempat-tempat yang diperkirakan rawan. Sehingga perlu sosialisasi dan dilakukan pengamanan secara terbuka,” kata Karyoto.